Dokkes Polres Muratara Periksa Kesehatan Personel-Penyelenggara Pemilu

Dokkes Polres Muratara Periksa Kesehatan Personel-Penyelenggara Pemilu

Paramedis Dokkes Polres Muratara melakukan pemeriksaan terhadap penyelenggara Pemilu KPU Muratara. foto: zulkarnain SEG--

Dokkes Polres Muratara Periksa Kesehatan Personel-Penyelenggara Pemilu 

MURATARA, oganilir.co - Menjamin kesehatan personel dalam pengamanan Pemilu 2024, Polda Sumsel melalui Polres Muratara, menerjunkan Tim Dokkes. Selain dilakukan pengecekan rutin, anggota pengamanan disuntik vitamin dan antibodi untuk kesehatan.

"Ini rutin, instruksi dari Mabes, kita di Polres Muratara harus cek semua kesehatan personel di lapangan. Mulai dari tensi darah, detak jantung, riwayat keaehatan dan lainnya," kata Tim Dokkes Polres Muratara Yulisma, Jumat 1 Maret 2024.

Dia mengaku, selama personel Polres Muratara melakukan pengamanan, pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, tentunya banyak gangguan kesehatan yang berpotersi membuat fisik anggota di lapangan melemah. Terlebih lagi saat ini masih memasuki musim peralihan dari musim penghujan ke musim panas.

BACA JUGA:Besok KPU Muratara Gelar Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024, Warga Bisa Saksikan Live via Medsos

"Kondisi itu bisa membuat daya tahan tubuh berkurang. Jadi kita cek semua kesehatan anggota. Untuk tindakan bisa langsung diberikan vitamin atau disuntik vitamin," jelasnya.

Menurutnya, obat-obatan maupun vitamin yang disediakan Tim Dokkes, merupakan obat-obatan khusus yang bisa sangat membantu menjaga stamina anggota di lapangan. Selain melakukan pengecekan personel, Dokkes juga memberikan pelayanan umum di sekitar lokasi.

"Mungkin ada petugas mulai dari TNI, Polri, anggota KPU, Bawaslu maupun yang lainnya. Kami juga berikan pelayanan kesehatan umum," tutupnya.

Sementara itu, Ipda Hendri, kanit Sospol Intelkam Polres Muratara mengungkapkan, pelayanan kesehatan keliling lapangan tersebut sangat diperlukan. Menginggat saat ini perubahan cuaca yang tidak menentu dan banyak petugas yang melakukan pengamanan tahapan Pemilu mulai mengalami gangguan kesehatan.

BACA JUGA:Ketua KPU Muratara Diisukan Dibacok, Kapolres-Dandim Turun Tangan

"Mudah-mudahan dengan asupan vitamin yang cukup dan pengecekan kesehatan rutin ini. Semua anggota bisa sehat tidak ada jatuh sakit, saat bertugas," timpalnya.

Sementara itu Sekretaris KPU Muratara, Hosiah menyampaikan pihaknya juga sangat membutuhkan bantuan tim kesehatan. Karena banyak petugas, termasuk dirinya sendiri di kantor KPU Muratara yang mulai mengalami gejala gangguan kesehatan.

"Karena dari mulai tahapan sampai hari ini, siang dan malam kita tetap kerja. Bahkan menginap di kantor KPU Muratara, saat ini kami perlu bantuan seperti tenaga kesehatan," tukasnya.

Sumber: