Jelang Pemilu, KPU Muratara Gelar Simulasi Pencoblosan

Jelang Pemilu, KPU Muratara Gelar Simulasi Pencoblosan

Pegawai KPU Muratara menyiapkan logistik pemilu. foto: zulkarnain SEG--

Jelang Pemilu, KPU Muratara Gelar Simulasi Pencoblosan

MURATARA, oganilir.co - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muratara menyiapkan simulasi pencoblosan pemilu serentak tahap II 2024. Simulasi akan dilaksanakan di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, dengan mulai tahapan pencoblosan hingga berakhir di pendataan di Sirekap. Simulasi akan digelar pada Rabu 31 Januari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Muratara Heriyanto melalui Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Partisipasi Masyarakat, Busairi mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan simulasi pencoblosan Pemilu serentak 2024 tahap II. Rencananya, kegiatan itu akan dilaksanakan Rabu 31 Januari 2024 sekitar pukul 09.00 WIB di Balai Pertemuan di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

"Kita akan melakukan simulasi dengan tujuan utama, untuk melihat sejumlah kesipan petugas maupun teknis pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Karena pelaksanaan Pemilu serentak saat ini sudah mulai memasuki hitungan hari," kata Busairi.

BACA JUGA:KPU Muratara Sambut 5 Komisioner Baru, ini Nama-Namanya

Untuk pelaksanaan simulasi pemilihan, akan melibatkan sejumlah pihak. Mulai dari PPK, KPPS, Panwascam, Bawaslu, KPU, dan pihak kepolisian. Dalam simulasi itu sejumlah petugas akan diberikan materi pelaksanaan Pemilu yang sesuai dengan tahapan.

"Prosesnya mulai pencoblosan sampai masuk data hasil pemilihan di Sirekap. Jadi semua tahapan itu sangat penting diperhatikan petugas agar berjalan dengan lancar," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Muratara Heriyanto, menegaskan saat ini persiapan pelaksanaan pemilu serentak sudah mulai memasuki hitungan hari.

"Pelaksanaan hari H itu tanggal 14 Februari 2024. Jadi waktu kita semakin terbatas, semua petugas harus siap dalam pelaksanaan," tegasnya.

BACA JUGA:KPU Muratara Terima Logistik Pemilu, Temukan Surat Suara Rusak

Dia menyarankan, untuk seluruh petugas PPK maupun PPS, harus menjalankan prosedur sesuai tahapan, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar. "Patuhi aturan, laksanakan sesuai prosedur yang berlaku," tutupnya.

 

Sumber: