Bukan Sekadar Nahan Lapar, ini 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Bukan Sekadar Nahan Lapar, ini 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

--

Bukan Sekadar Nahan Lapar, ini 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 

oganilir.co - Bulan suci Ramadan mengandung keistimewaan dan keutamaan tersendiri dibandingkan dengan bulan lainnya. Sehingga Rasulullah SAW sangat antusias dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

Puasa ramadhan merupakan ibadah wajib bagi para umat muslim, selain itu puasa juga menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebagian orang beranggapan puasa hanya untuk meningkatkan kesabaran dan membersihkan diri secara spiritual.

Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik.

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan Tubuh, ini 4 Khasiat Minum Teh Hijau Secara Rutin

Lantas apakah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh? Simak berikut ini penjelasannya.

1. Menjaga kesehatan jantung

Puasa dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini membantu menjaga kesehatan jantung.

Puasa dapat menjadi cara yang aman dan efektif untuk menjaga kesehatan jantung, terutama bagi orang yang memiliki risiko tinggi penyakit jantung.

BACA JUGA:Tips Puasa Sehat, Makan Sahur dan Buka Jangan Berlebihan

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai puasa dan memastikan untuk melakukannya dengan cara yang aman dan sehat.

2. Mengatur Kolesterol 'Jahat'

Dilansir dalam Cleveland Clinic Abu Dhabi, puasa dapat mempengaruhi profil lipid. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kolesterol darah yang dapat mencegah serangan jantung, stroke dan penyakit lainnya.

Sumber: