Catat! ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Catat! ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Manfaat puasa senin kamis--

Catat! ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

oganilir.co - Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dikerjakan oleh umat muslim setiap minggunya.

Ibadah Puasa Senin Kamis memang tidak wajib tetapi jika dilakukan mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan juga tidak mendapatkan dosa. Puasa sunah ini memiliki banyak terdapat keistimewaan didalamnya.

Tidak jarang banyak orang yang melakukan puasa sunah ini karena selain menambah pahala, puasa sunah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Puasa senin kamis merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda:

BACA JUGA:Hukum Berpuasa Pada Tanggal 10 Zulhijah dan Setelahnya

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

5 Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 Berdasarkan hasil penelitian, puasa dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh manusia.

2. Mengurangi Aktivitas Mikroorganisme Jahat

Berpuasa dapat mengurangi atau menghentikan aktivitas mikroorganisme jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan berpuasa, pasokan makanan akan terhenti sehingga mikroorganisme jahat tidak dapat hidup, termasuk kuman penyakit dan bakteri jahat lainnya.

BACA JUGA:Hitungan Menit Ludes, PWI Ogan Ilir Bagikan 300 Paket Buka Puasa

3.  Mengistirahatkan Alat Pencernaan

Berpuasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran. Puasa dapat membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang mampu membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

4. Sehatkan Jantung

menurunkan resiko aterosklerosis yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Saat puasa lemak akan digunakan sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah pun dapat turun.

5.  Menurunkan Risiko Stres

 Kondisi kesehatan mental yang optimal tentu dapat membantu seorang muslim dalam beribadah dan menjalani aktivitas sehari-hari. Puasa bisa meningkatkan kedamaian hati dan membuat seorang muslim merasa bersih jiwa dan raganya.

Sumber: