5 Amalan Utama di Bulan Ramadan yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan

5 Amalan Utama di Bulan Ramadan yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan

--

5 Amalan Utama di Bulan Ramadan yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan

oganilir.co - Ramadan merupakan bulan suci yang istimewa dan penuh berkah, dengan begitu umat Islam diminta untuk mengejar banyak pahala pada bulan yang penuh berkah ini.

Setidaknya terdapat lima amalan utama di bulan Ramadan yang bisa dikerjakan, mulai dari puasa, tarawih, hingga tadarus.

Dengan kemuliaan yang dimiliki bulan Ramadhan, Nabi SAW juga menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amalan, baik wajib maupun sunnah.

Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (amal sunnah) di dalamnya (Ramadhan) samalah ia dengan orang yang menunaikan suatu ibadah wajib di bulan yang lain.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Sumatera Ekspres Grup Gelar Yaasiinan

Dan barang siapa yang menunaikan suatu amalan wajib di dalamnya samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh amalan wajib di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga." (HR Ibnu Khuzaimah).

Lantas apa saja sih amalan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan? Berikut ini penjelasannya.

1. Puasa Ramadhan

Amalan utama di bulan Ramadhan adalah berpuasa. Hal itu sebagaimana tercantum dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Dalam ayat ini, puasa Ramadhan ditegaskan sebagai kewajiban bagi setiap umat Islam yang sudah balig dan berakal sehat.

BACA JUGA:1 Amalan yang Bisa Rubah Seseorang Jadi Lebih Baik, Ustaz Adi Hidayat Ajarkan Caranya

2. Salat tarawih

Meskipun hukumnya sunah, sholat tarawih termasuk ke dalam amalan utama di bulan Ramadhan. Anjuran melaksanakan ibadah tarawih terdapat dalam riwayat Rasulullah yang termaktub dalam Kitab Musnad Ahmad bin Hanbal,

3. Tadarus Al Quran

Sumber: