Sekolah Memfasilitasi, Murid Gelar Pesantren Ramadan

Sekolah Memfasilitasi, Murid Gelar Pesantren Ramadan

Pesantren Ramadan SDN 7 Palembang.--

Sekolah Memfasilitasi, Murid Gelar Pesantren Ramadan

LUBUKLINGGAU, oganilir.co - SDN 7 Kota Lubuklinggau menggelar pesantren kilat dan lomba hafalan selama Ramadan 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi peserta untuk belajar ilmu agama dan kemasyarakatan.

Effran Ar Spd, kepala SDN 7 Kota Lubuklinggau, engungkapkan jika kegiatan ini memang sengaja dilaksanakan saat Ramadan dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Lubuklinggau Firdaus Abky SPd SH MPd.

Pihak sekolah hanya memfasilitasi, namun yang paling banyak berperan merupakan para pelajar itu sendiri, menginggat saat ini dunia pendidikan sudah mengadopsi sistem Kurikukum Merdeka. Dan memberikan peluang kreasi, kreativitas dan kebebasan para pelajar dalam konsep belajar.

"Selain pesantren kilat dengan menampilkan Narsum Dai ustaz dan ustazah, para pelajar juga berpartisipasi dalam hafalan surat surat pendek dan doa doa," ucapnya.

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Sutriono Produksi Tuak Penuhi Pesanan Pelanggan

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih termotivasi untuk belajar ilmu kemasyarakatan dan membiasakan siswa berprilaku baik terhadap siwa teman orang tua  dan guru.

Selain itu, kegiatan pesantren kilat ini juga langsung dihadiri oleh orang tua pelajar secara langsung. "Jadi kita berharap adanya suport dan hubungan emosional yang baik antara murid dan orang tua, dalam perkembangan karakter anak saat belajar di sekolah," bebernya.

Dia mengatakan dengan dihadiri oleh orang tua. diharapkan orang tua bisa lebih memperhatikan dan mendukung kegiatan anak-anak mereka di sekolah.

"Karena mendidik anak tidak cukup dilakukan oleh guru di sekolah saja. Tetapi lebih Dominan didikan orang tua yang ada di rumah. Karena waktu belajar anak, lebih banyak bersama orang tua dibanding dengan di Sekolah," tutupnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu Minggu penuh, selain di isi dengan pemateri pemateri, kegiatan juga akan menampilkan, setoran hapalan ayat-ayat pendek. 

BACA JUGA:5 Amalan Utama di Bulan Ramadan yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan

Sementara itu, Hasan, salah satu wali murid yang mengaku snagat mendukung kegiatan pesantren kilat yang diselengarakan pihak sekolah. Dia mengatakan, selain membutuhkan pendidikan formal anak anak juga sangat membutuhkan pendidikan karakter dan agama.

"Kami sangat mendukung, anak anak juga harus diberikan lebih banyak kesempatan dalam mendapat pendidikan agama. Karena materi ini yang akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari hari," tutupnya.

Sumber: