63 Tahun Berkarya, Ini Hasil Dilakukan Hutama Karya Selama Ini

63 Tahun Berkarya, Ini Hasil Dilakukan  Hutama Karya Selama Ini

63 Tahun Hutama Karya (Foto Ist)--

Ditambahkan Budi, untuk segmen pengoperasian jalan tol, perusahaan fokus pada preventive maintenance secara efektif dan efisien serta melakukan pengembangan dan integrasi sistem serta teknologi informasi. 

Kemudian pada segmen jasa konstruksi, perusahaan memprioritaskan pada segmen champion dan fokus dalam melakukan penguatan kualitas perencanaan sampai pada proses pelaksanaan pekerjaan disertai dengan optimalisasi mutu serta waktu.

BACA JUGA:Hutama Karya, Siapkan “Jalan Mulus” Untuk Arus Mudik Lebaran

“Melalui proyek-proyek unggulan di berbagai sektor, Hutama Karya terus berkomitmen untuk menyelesaikan setiap proyek dengan standar kualitas yang tinggi, menciptakan ekosistem kerja yang kondusif, inovatif berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan keberlanjutan,” ujar Budi.

Peningkatan Aset dan Inovasi teknologi di usia ke 63 tahun ini, Hutama Karya tidak hanya memastikan kestabilan dari sisi bisnis konstruksi namun juga dari sisi peningkatan performa keuangan. 

Ini dipertegas oleh pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang memberikan apresiasi kepada Hutama Karya sebagai BUMN dengan kondisi finansial yang tergolong sehat.

BACA JUGA:Hutama Karya Terapkan Prinsip GCG, Setiap Ruas Tol Sumatera

“Kami menilai kondisi tersebut karena perseroan dapat melaksanakan pembangunan JTTS dengan kualitas yang baik,” ujar Erick Thohir.

Hutama Karya berhasil mencatat kinerja keuangan secara baik untuk tahun buku yang berakhir pada Desember 2023. Berdasarkan laporan keuangan audited, perusahaan menunjukkan peningkatan asset signifikan dengan pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 21,34% sejak tahun 2018 hingga 2023. 

Dari sisi pemasaran dan produksi, Hutama Karya mencatatkan peningkatan perolehan kontrak baru yang mengesankan dengan pertumbuhan tahunan sebesar 55,51% (yoy) pada tahun 2023. Selain itu, EBITDA perusahaan juga mencatat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 1,00% selama periode lima tahun.

BACA JUGA:Kesempatan Berkarier di BUMN, PT Hutama Karya Membutuhkan Sr Analyst Arsiparis-Officer Arsiparis

Sejalan dengan strategi korporasi, pada tahun 2023 Hutama Karya berhasil melakukan aksi korporasi asset recycling pada dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera, yakni Ruas Medan-Binjai dan Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. 

Hal tersebut berkontribusi terhadap peningkatan laba tahun berjalan, kelanjutan pembangunan jalan tol Trans Sumatera, serta perbaikan solvabilitas perusahaan yang tercermin melalui rasio Debt-to-Equity dari 1,85x pada tahun 2018 menjadi 0,3x pada tahun 2023.

Dari segi penguatan teknologi dan inovasi, Hutama Karya juga telah menerapkan inisiatif tersebut di sejumlah proyek diantaranya teknologi pengukur kematangan beton yang dikenal dengan Concrete Maturity Test (ConMT) yang sudah di implementasi di beberapa proyek Tol IKN, Gedung dan lain-lain, serta Green Modular Slope Protection (GMSP) yang sedang diimplementasikan di Proyek Tol Padang-Sicincin. 

BACA JUGA:Gunakan Material Premium, Hutama Karya Jamin Kualitas Jalan Tol .

Sumber: