Hindari Kemacetan di Tol, Sebaiknya Pemudik Lakukan Lebih Awal

Hindari Kemacetan di Tol, Sebaiknya Pemudik Lakukan Lebih Awal

Berbang Tol --

Hindari Kemacetan di Tol, Sebaiknya Pemudik Lakukan Lebih Awal

SUMATERA-OGANILIR.CO-Mengantisipasi penumpukan kendaraan hingga menimbulkan kemacetan pada puncak arus mudik, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menambah pemberlakukan diskon 20% di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). 

Dengan demikian maka secara total terdapat 3 ruas JTTS yang diberlakukan diskon tarif yakni Tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) (189 km), Indralaya -Prabumulih (Indraprabu) (64,5 Km) dan Tol Permai (131 Km).

Diskon tarif yang diberlakukan ini, sebagai bentuk dukungan pemerintah oleh PT Hutama Karya kepada para pemudik, agar bisa mudik dilakukan lebih awal dengan pemberian tariff diskon pada tanggal yang telah ditentukan. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Tinjau Kelayakan Tol Kayuagung-Palembang-Betung

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa selain penambahan ruas yang didiskon, Hutama Karya juga memperpanjang periode diskon.

“Pada permulaan arus mudik, diskon tarif resmi berlaku mulai hari ini, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB. Sementara pada periode arus balik nanti akan diterapkan pada tanggal 17 April 2024 Pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 Pukul 05.00 WIB,” ujar Adjib.

Lebih lanjut Adjib menuturkan bahwa pemotongan tarif berlaku masih untuk semua golongan kendaraan yang melintas dengan transaksi pembayaran jarak tarif terjauh yakni hanya untuk kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan, kelolaan PT Bakauheni Terbanggi Besar dan keluar di GT Kayu Agung/Kayu Agung Utama kelolaan Hutama Karya atau sebaliknya.

BACA JUGA:Hutama Karya Diskon Tarif Tol 20 Persen Buat Pemudik Lebaran 2024

Kendaraan yang masuk dari GT Palembang dan keluar di GT Prabumulih atau sebaliknya; dan kendaraan yang masuk dari GT Pekanbaru dan keluar di GT Dumai atau sebaliknya.

Meskipun demikian, terdapat sedikit perubahan akumulasi tarif dikarenakan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar juga telah menerapkan diskon tarif 20%, sehingga untuk rincian akumulasi tarif dari kedua ruas tersebut adalah sebagai berikut:

Dari GT Bakauheni Selatan ke GT Kayu Agung/Kayu Agung Utama atau sebaliknya 

BACA JUGA:Tol Palembang-Betung Siap Dioperasionalkan, ini Waktunya

- Kendaraan Golongan I dari Rp 360.000,- menjadi Rp288.500,-

Sumber: