Rumput di Sekitar Bandara Silampari Lubuklinggau Terbakar, Peralatan Navigasi Nyaris Hangus

Rumput di Sekitar Bandara Silampari Lubuklinggau Terbakar, Peralatan Navigasi Nyaris Hangus

Rumput di sekitar bandara silampari Lubuklinggau terbakar, peralatan navigasi nyaris hangus. foto: dokumen/jilid/oganilir.co --

LUBUKLINGGAU, OGANILIR.CO - Api membakar area rumput di dekat peralatan navigasi milik Air Nav di Bandara Silampari LUBUKLINGGAU, Sumatera Selatan dan nyaris terbakar. 

Kejadiannya Selasa, 22 November 2022, sekitar pukul 12.30 WIB. 

Untungnya api tidak sampai menjalar ke peralatan navigasi udara itu. 

Api tersebut sudah sangat dekat, bahkan berjarak sekitat 1,5 meter dari peralatan navigasi. 

BACA JUGA:Pembahasan Raperda APBD Ogan Ilir Tahun 2023 Bakal Berlarut. Eksekutif-Legislatif Besok Bertolak Ke Kemendagri

"Api sempat membakar area rumput kering, seluas sekitar 2x4 meter," kata Kepala Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) UPBU (Bandara) Silampari Lubuklinggau, Beni Kurniawan.

Beni menjelaskan, kobaran api pertama kali terpantau dari menara pos PKP-PK. 

"Terlihat ada kobaran api tepatnya di  area deport atau dekat dengan peralatan navigasi udara, milik Air Nav," jelas Beni Kurniawan, Selasa, 22 November 2022,

Namun api bisa langsung diatasi, dalam waktu sekitat 5 menit. Ada dua mobil pemadam kebakaran dari unit PKP-PK Bandara Silampari.

BACA JUGA:Diatas Kertas Argentina Bisa Menang Mudah Atas Arab Saudi, Tapi Jangan Lupa 2 Hasil Imbang Lawan Al-Akhdar

"Kita memang punya regulasi respon time, kurang dari empat menit sudah tiba di lokasi. Area yang menjadi tugas PKP-PK yakni sekitar 8 KM dari Bandara. Kebakaran lahan rumput kali ini masih di area bandara," ungkapnya. 

Dia mengaku belum mengetahui sumber api. Namun kondisi cuaca memang panas dan berangin, kemudian rumput kering di sekitar lokasi terjadi kobaran api.

"Jika api sampai menjalar ke alat navigasi, tentu membahayakan keamanan peralatan navigasi, atau bisa penerbangan terganggu," katanya. 

BACA JUGA:Kasus Dugaan Penganiayaan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Polisi Kantongi Nama-Nama Calon Tersangka

Sumber: