Ayo… Hadiri Halal Bi Halal BERUMA, Sabtu 13 April 2024

Ayo… Hadiri Halal Bi Halal BERUMA, Sabtu 13 April 2024

Foto Istimewa --

Ayo… Hadiri Halal Bi Halal BERUMA, Sabtu 13 April 2024

OGANILIR.CO-Meski baru terbentuk  3 Maret 2024 lalu, Organisasi Beroyot Urang Diri Meranjat (BERUMA) sudah mulai menunjukkan program kegiatannya .

Salah satunya melakukan jalinan silaturrahmi yang dibingkai dalam sebuah acara Halal Bi Halal BERUMA tahun 1445 H yang akan digelar  Sabtu, 13 April 2024 mulai pukul 09,00 Wib hingga 17.00 Wib dilokasi Lapangan Bola Permiri Meranjat, Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

“Meski organisasi BERUMA ini baru berusia sekitar sebulan lebih,  tepatnya berdiri 3 Maret 2024 lalu, kita akan melaksanakan salah satu program kerjanya, yakni melaksanakan Halal Bi Halal , yang akan dihadiri BERUMA dari Desa Meranjat I, Meranjat II, dan Meranjat Ilir, termasuk  dari perantauan seperti di Indralaya, Palembang, Lampung, Batam, Jakarta/Jabodetabek,Bandung, Medan, Malaysia,’’kata Ketua Umum BERUMA Drs H Iklim Cahya MM melalui Sekretaris Umum , Ir H Endang PU Ishak SH MSi, Senin,8 April 2024.

BACA JUGA:Pindang Meranjat Mang Nain, Hidden Gems Pindang Enak di Ogan Ilir

Dikatakan Ir H Endang PU, Sekretariat BERUMA yang bertempat di  Masjid Gallery Al-Quran Baiturrahman Jalan Bank Raya Kawasan Griya Agung Demang Lebar Daun Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini, akan eksis dengan berbagai program dan kegiatannya .

“Warga Meranjat Zaman Dulu bisa berkiprah dan berbuat disemua tingkatan, dan kita berharap saat ini harus lebih eksis, karena didukung SDM,  baik jenjang pendidikannya, bekerja mapan, bahkan  ikut dalam menentukan kebijakan dalam ambil bagian untuk membangun bangsa, baik di Ogan Ilir khususnya dan di Sumsel pada umum,’’ujar Ir H Endang PU.

Dikatakan Ir H Endang PU , dalam acara Halal Bi Halal , ada beberapa rangkaian resmi yang akan dilaksanakan, seperti pengukuhan, makan siang dan solat zuhur bersama,’’Pada acara makan siang bersama, kita sengaja menyajikan menu tradisional yakni Ganggan Gelayan, Pekasam, Sambal Kemang, Ikan Pirik,’’tuturnya.

BACA JUGA:Karya Bakti Bersama Warga, Anggota TNI Bantu Bersihkan Puing Kebakaran di Dusun I Desa Meranjat 3 Ogan Ilir

Selanjutnya kata Ir H Endang akan dilanjutkan dengan acara begesah, ramah tamah dihibur , ya… Kumpul Barang sambil saling kenal mengenang, tukar pengalaman, becerito, membahas peran urang diri untuk desa Meranjat, tauziah agama diiringi makan bogro, lakso dan disiapkan jugo kepalan, gomak, gandus makan khas urang diri, selanjutnyo diselingi tukar doorprise antar kelompok beroyot urang diri,’’lanjutnya.

Masih kata Ir H Endang, terbentuknya organisasi BERUMA di prakarsai oleh para sesepuh, seperti H. Najib Asmani, Hj. Hasnawati Mal’an, H. Ahmad Syarifuddin Said, H. Endang PU. Ishak, H. Iklim Cahya, H. M. Yusuf Sarifah, H. M. Sirod Saleh, Dodi Isfansyah dan lainnya .

Lebih lanjut kata Ir H Endang, BERUMA yang berupakan organisasi independen,  telah mempunyai berbagai program lainnya  seperti, Persatuan Amal Kematian (PAK), Arisan Keluarga Beroyot Urang Diri dilaksanakan 3 bulan sekali.

BACA JUGA:Dua Jam Lebih Rumah Warga Meranjat Ogan Ilir Dilumat Api

“Kemudian Kegiatan Keagamaan (Rumah Tahfizd, Sarana Masjid, Penghijauan, Peduli Sosial Dhaufa Yatim dan Sosial kemasyarakatan, Menghimpun potensi SDA dan SDM Beroyot Urang Diri Meranjat, pokoknya seluruh urang diri balek bakumpul didusun’’pungkasnya(Sid)

Sumber: