Gas Melon Langka di Muratara, Pembelinya Pemilik Pajero Sport

Gas Melon Langka di Muratara, Pembelinya Pemilik Pajero Sport

Antrean warga Kabupaten Muratara membeli gas melon atau ukuran 3 kg. --

Gas Melon Langka di Muratara, Pembelinya Pemilik Pajero Sport

MURATARA, oganilir.co - Mengatasi kelangkaan gas elpiji tabung 3 kg, Pemkab Muratara, Sumsel telah mengusulkan penambahan kuota 7-10 persen gas LPG tabung melon di wilayahnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar, Kodri melalui Kabid Perdagangan Azhari, Senin 8 April 2024.

"Operasi pasar kita sudah closing, terakhir di Simpang KBM Rupit. Kita turunkan beras murah dan gas LPG. Untuk hari ini mungkin dari Pertamina langsung yang turun untuk operasi pasar murah kuota gas LPG satu harga di wilayah Karang Jaya, terusan dan lainnya," kata Kabid Perdagangan Muratara, Azhari.

Dia mengakui jika memang sempat terjadi kelangkaan gas LPG di Muratara. Sehingga menimbulkan harga gas LPG sempat mengalami kenaikan harga di luar Harga Eceran Tertinggi (HET). Pihaknya mengaku, sudah mengusulkan  secara langsung ke Pertamina untuk penambahan kuota gas LPG tabung 3 kg di wilayah Muratara dengan penambahan 7-10 persen. Kelangkaan gas LPG tabung melon di Muratara terjadi akibat beberapa faktor.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pria di Muara Enim yang Oplos Gas Elpiji 3Kg jadi Kemasan 12Kg, Akui Belajar dari YouTube

"Semestinya tabung gas Subsidi itu khusus untuk masyarakat miskin. Tapi di wilayah kita ini, yang beli gas tabung melon, mulai warga miskin hingga warga yang punya Pajero Sport," bebernya.

Kondisi itu mengakibatkan kuota gas subsidi yang dikhususkan untuk warga miskin di Muratara, berkurang drastis. "Kita imbau agar warga yang mampu jangan mengambil jatah subsidi warga yang tidak mampu," tegasnya.

Menurut Azhari, operasi gas murah tabung 3 kg yang dilakukan Pertamina akan terus berlangsung di sejumlah wilayah di Muratara hingga Lebaran. "Karena kita memang minta penambahan kuota agar ada penambahan gas LPG saat jelang Lebaran," tegasnya.

Sebelumnya, Abdi, warga Kabupaten Muratara menuturkan harga gas LPG tabung melon di wilayah Muratara, sempat tembus Rp40 ribu/tabung menjelang Lebaran. Dengan adanya operasi pasar, gas murah, warga sangat terbantu.

BACA JUGA:Pangkalan Tutup, Warga Lubuklinggau Sulit Dapat Gas Melon

"Dengan operasi gas murah ini, warga biso langsung dapat satu harga. Beli tabung gas seharga penjualan agen di bawah Rp20 ribu. Kalau beli di warung itu harga Rp40 ribu," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Muratara H Devi Suhartoni menegaskan, pemkab merespons keluhan masyarakat, mulai dari permasalahan gas langka hingga aliran listrik PLN yang sering mengalami pemadaman.

"Untuk gas, saya bersama tim terus usahakan penambahan jumlah salur di Muratara sampai H plus 7 lebaran. MasyaAllah Muratara sedang berbenah dan insya Allah terus akan lebih baik terus untuk semua," jelas bupati.

Sumber: