4 Cara Membuat Ketupat Lebaran, Enak dan Tahan Lama

4 Cara  Membuat Ketupat Lebaran, Enak dan Tahan Lama

Foto Istimewa --

4 Cara  Membuat Ketupat Lebaran, Enak dan Tahan Lama

OGANILIR.CO-Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan, menjelang Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, umat muslim di Indonesia selalu menyiapkan dengan berbagai penganan untuk disantap di Hari Lebaran.

Salah satu yang sering dihidangkan, yakni ketupat. Ketupat tidak jarang dibuat dalam jumlah banyak untuk para tamu.

Ketupat tersebut tentu harus benar-benar matang, enak, empuk dan  bisa disimpan sehngga tahan lama. Proses memasak dan penyimpanan yang benar menjamin ketupat selalu enak dan setiap saat bisa disajikan, berikut caranya :

BACA JUGA:Tim Sops Polri Lakukan Supervisi Operasi Ketupat di Sumsel

1. Cara Pertama 

Pertama-tama, beras dicuci lalu ditiriskan. Setelah air mendidih, masukkan beras yang sudah dibungkus dalam bentuk ketupat dan masak selama 5 menit.

Sesudah matang, diamkan ketupat dalam panci tertutup selama 30 menit. Nyalakan api lagi dan didihkan ketupat sekitar 7 menit. Jika sudah, biarkan ketupat dalam panci hingga uapnya menipis dan simpan dengan posisi tergantung.

BACA JUGA:Aksi Heroik Petugas Pos Operasi Ketupat Musi 2024, Ringkus Pelaku Curat.

2. Cara Kedua 

Sesuai namanya, teknik ini memasak ketupat selama 15 menit dan mendiamkannya 30 menit selama beberapa kali. Selain itu, kunci utama metode ini adalah pada kulit ketupat dan beras yang direndam terlebih dulu sebelum direbus.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, rendam dulu kulit ketupat dalam air bersih selama 5 menit. Sedangkan untuk beras, direndam hingga 10 menit. Setelah direndam, masukkan beras dalam kulit ketupat sampai terisi setengah penuh.

Masak ketupat dalam air mendidih selama 15 menit lalu diamkan 30 menit. Kemudian, masak ulang ketupat selama 15 menit dan kembali diamkan selama 30 menit. Angkat ketupat dan tiriskan.

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Buka Latihan Pra Ops Ketupat Musi 2024

Sumber: