Ziarah Ke Makam Keluarga Disaat Lebaran

Ziarah Ke Makam Keluarga Disaat Lebaran

Penziarah usai melaksanakan sholat Ied--

Ziarah Ke Makam Keluarga Disaat Lebaran

OGANILIR.CO-Berziarah ke makam keluarga, setelah melaksanakan Sholat Idul Fitri , sudah menjadi tradisi. Kegiatan seperti ini juga terjadi di Kabupaten Ogan Ilir.

Selain bergembira merayakan lebaran, tetap ingat dengan orang tua, kakek, nenek, Saudara maupun kerabat telah lebih dulu berpulang menghadap Sang Khaliq.

Seperti di Indralaya. Ratusan bahkan bisa jadi ribuan, karena mereka datang ke makam secara bergantian dengan jam yang berbeda memadati areal tempat-tempat pemakaman umum (TPU) , seperti Taman Makam Talang Balai Baru, TPU Desa Tanjung Agung, atau TPU Taman  Riang Indralaya.

BACA JUGA:PWI Ogan Ilir Gelar Baca Yasin dan Doa Bersama-Hingga Ziarah

"Memang sudah menjadi tradisi usai melaksanakan sholat Ied, warga mengunjungi makam keluarganya, untuk mendoakan keluarganya yang telah berpulang, ‘’kata Sulastri  seorang ibu rumah tangga yang tengah berziarah ke makam ibunya.

Menurut Sulastri, dengan datang berziarah, terkadang bisa melepas rasa rindu di hari bahagia. "Seakan lepas rasa rindu setelah mencium batu nisan. Apalagi di hari lebaran ini," terangnya. 

Senada disampaikan Ibu Wati,  dirinya usai melaksanakan sholat Ied, bersama putra-putrinya termasuk menantunya mendatangi mendiang suaminya yang dimakamkan di TPU Tanjung Raya.

BACA JUGA:Bupati Ogan Ilir, Forkopimda Ziarah Ke Makam Pahlawan

“Rindu sekali, biasanya lebaran bisa kumpul semuanya,  namun moment lebaran tahun ini ada yang hilang, yaitu Suami saya ,’’tuturnya sedih,(Sid)

Sumber: