Ini Jumlah Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa LLDIKTI XIV

Ini Jumlah Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa LLDIKTI XIV

Mahasiswa Papua yang kuliah di Unsri. --

Ini Jumlah Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa LLDIKTI XIV

JAYAPURA, oganilir.co - Sebanyal 13.760 mahasiswa asal Papua menerima beasiswa pada tahun ini. Dibanding tahun sebelumnya, mahasiswa Papua yang menerima beasiswa berjumlah 11.500 orang. Hal itu diketahui dari laporan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XIV.

"Alokasi biaya beasiswa pendidikan mahasiswa Papua 2024 dialokasikan lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkisar sebesar Rp280 miliar," kata Kepala LLDIKTI XIV Papua Dr Suriel Semuel Mofu di sela-sela rapat kerja pimpinan perguruan tinggi di Biak, Senin 22 April 2024.

Dia mengatakan, sesuai data LLDIKTI XIV hingga 2024 masih terdapat 45 ribuan mahasiswa Papua yang membutuhkan dukungan langsung pemerintah daerah (pemda) untuk mendapatkan beasiswa. 

Mofu berharap Pemkab Mimika maupun pemkot di Tanah Papua bisa mengalokasikan Dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk bantuan beasiswa pendidikan tinggi mahasiswa Orang Asli Papua (OAP).

BACA JUGA:Hidayah Allah Datang, Kapolda Papua Mualaf

"Kami mendorong pemerintah kabupaten/kota dapat menyediakan beasiswa mahasiswa Papua, sehingga dapat menyelesaikan studi di berbagai perguruan tinggi swasta di tanah Papua," harap Mofu.

Untuk beasiswa mahasiswa Papua, lanjut Mofu, sebaiknya tidak hanya mengandalkan pusat melalui Kemendikbudristek saja, tetapi juga pemda setempat untuk membiayai studi hingga selesai perguruan tinggi.

"Apalagi dengan dukungan Dana Otsus kabupaten/kota dapat membantu meringankan kebutuhan mahasiswa OAP," imbuhnya.

Sebelumnya rapat kerja pimpinan perguruan tinggi se-tanah Papua berlangsung di Kabupaten Biak Numfor, dibuka Plt Sekda ZL Mailoa mewakili Pj Bupati Sofia Bonsapia.

"Pemkab Biak Numfor berterima kasih kepada LLDIKTI XIV Papua dan Papua Barat karena telah memilih Biak sebagai tuan rumah kegiatan rapat kerja," ujar Mailoa.

BACA JUGA:Danramil Aradide Papua Tewas Ditembak OPM

Plt Sekda Mailoa menyatakan, kondisi kamtibmas Biak Numfor yang paling aman membuat banyak kegiatan pemerintahan diselenggarakan di Biak.

Kegiatan rapat kerja LLDIKTI XIV berlangsung pada 22-23 April 2024 diikuti 75 pimpinan perguruan tinggi swasta dan perwakilan Kemendikbudristek, anggota Komisi X DPR RI, dan senator DPD Papua Barat Filep Wamafma.

Sumber: