Puluhan Wartawan Ikuti Pra UKW , Sumsel, Kaltim, Kepulauan Riau

Puluhan Wartawan Ikuti Pra UKW , Sumsel, Kaltim, Kepulauan Riau

Pra UKW di Ikuti Para Wartawan dari 3 Provinsi--

Puluhan Wartawan Ikuti Pra UKW , Sumsel, Kaltim, Kepulauan Riau

OGANILIR.CO-Puluhan wartawan dari tiga Provinsi di Indonesia mengikuti Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), melalui zoom meeting , yang digelar PWI Pusat , Selasa, 23 April 2024.

Kegiatan Pra UKW dilaksanakan ini,  sebagai salah satu syarat untuk pelaksanaan UKW , khusus peserta dari Sumatera Selatan (Sumsel) akan berlangsung 26-27 April 2024 di Hotel Beston Palembang.

Pra UKW sendiri dikuti oleh para wartawan dari Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim), Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Iptu Umbaran Nyamar Jadi Wartawan 14 Tahun, Pegiat Media Heran Kok Bisa Sampai Lulus UKW dan Menjadi Kapolsek

Acara Pra UKW di buka langsung oleh Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun, dimulai pukul 08.00 Wib, dihadiri Direktur UKW DR Firdaus Komar selalu nara sumber , dan nara sumber lainnya Kang Uyun Achadiat.

Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun mengatakan,  UKW yang dilaksanakan ini , tidak hanya pesertanya dari Provinsi Sumsel, Kaltim dan Kepulauan Riau Saja, melainkan akan dilaksanakan di 33 Provinisi di Indonesia, sebagai langkah untuk meningkatkan kompetensi para wartawan, baik tingkat Muda, Madya dan Utama.

“Untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para wartawan, maka perlu dilakukan UKW, dengan tujuan memberikan pemahaman, wawasan pengetahuan  serta kualitas wartawan agar mampu melaksanakan tugasnya secara professional”, kata Hendry.

BACA JUGA:Ini Kronologi Pengemudi Fortuner Pelat TNI Tabrak Mobil Wartawan

Oleh sebab itu dengan UKW yang akan diikuti peserta wartawan,  baik mengenai UU No 40 Tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik dan lainnya, maka  dalam pelaksanaan tugas jurnalistiknya dapat terukur, terampil, professional dalam koridor Kode Etik Jurnalistik.

“Kepada para wartawan saya juga berharap untuk tidak termakan isu soal yang terjadi di PWI Pusat,  saat ini tidak ada masalah lagi,’’katanya 

Sementara pemateri Kang  Uyun Achadiat menyebutkan pentingnya wartawan mengikuti UKW , sehingga paham  tentang Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik

BACA JUGA:Anggota PWI Ogan Ilir Sumringah, Dapat Paket Sembako dan Minuman

“UKW itu wajib diikuti oleh para wartawan, sehingga mampu dengan menyandang wartawan yang berkompeten dalam melaksanakan tugas jurnalisitiknya,’’kata Alumni wartawan Pikiran Rakyat Bandung ini.

Sumber: