Ratusan BPBD se-Indonesia Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024

Ratusan BPBD se-Indonesia Ikuti  Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024

--

Ratusan BPBD se-Indonesia Ikuti  Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024

#Bupati Ogan Ilir Hadiri Langsung 

OGANILIR.CO-Sebanyak 447 instansi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Indonesia mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2024, dilaksanakan di Puliman Bandung Wetan Kota Bandung Provinsi Jawa Barat (Jabar), Rabu 24 April 2024. 

 Acara rakornas ini dilakukan pada Sidang-sidang Komisi kebijakan dan strategi dan tata kelola penanggulangan bencana. 

Untuk utusan Kabupaten Ogan Ilir langsung dihadir Bupati Panca Wijaya Akbar, turut mendampingi Asisten 1 Pemkab Ogan Ilir, Dicky Syailendra, Kepala BPBD Pemkab Ogan Ilir Drs Edi Rahmat dan Kepala OPD terkait lainnya.

BACA JUGA:Perbaiki Jalan di Kecamatan Jirak Jaya, Dinas PUPR Muba Kucurkan Rp18 Miliar

Rakornas PB tahun 2024  dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin .

Ketua Panitia Rakornas PB 2024, Raditya Jati menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti Rakornas PB ini sebanyak 447 BPBD yang terdiri dari 36 BPBD Provinsi dan 411 BPBD Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Raditya Jati mengatakan bahwa penerapan teknologi dan inovasi menjadi kunci utama dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanggulangan bencana di tanah air yang mana kejadian bencananya memiliki kecenderungan meningkat setiap tahun. 

BACA JUGA:Modal Rp900 Ribuan Sudah Bisa Miliki Redmi 8A, Desain Minimalis dengan Proteksi Gorilla Glass 5

"Melalui penerapan teknologi dan inovasi, diharapkan semua pihak dapat melakukan berbagai hal,  seperti meningkatkan kemampuan deteksi dini dan prakiraan bencana, memperkuat sistem peringatan dini dan komunikasi kebencanaan, meningkatkan efektivitas evakuasi dan penyelamatan korban bencana, mempercepat pendistribusian bantuan kemanusiaan, serta membantu pemulihan pasca bencana, " ujarnya.

Bupati Panca Wijaya Akbar Mengatakan bahwa Pemerintah kabupaten Ogan Ilir siap mengikuti instruksi dari pemerintah pusat terkait penerapan teknologi dan inovasi menjadi kunci utama dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penanggulangan bencana khususnya di daerah.


--

" khususnya di Kabupaten Ogan Ilir sesuai dengan tema pada rakornas kali ini " Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana "tukas Bupati Panca (Sid)

Sumber: