5 Pembalap MotoGP Spanyol Kena Penalti, Ada Apa?

5 Pembalap MotoGP Spanyol Kena Penalti, Ada Apa?

MotoGP Spanyol 2024.--

5 Pembalap MotoGP Spanyol Kena Penalti, Ada Apa?

CADIZ, oganilir.co - MotoGP Spanyol sedikit ternoda dengan pemberian sanksi kepada pembalap. Ya, Stewards MotoGP merilis sanksi atau penalti untuk sejumlah pembalap seusai sprint MotoGP Spanyol di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Sabtu 27 April 2024 malam WIB berakhir.

Tercatat lima pembalap mendapat penalti lantaran melanggar aturan soal tekanan ban. "Pengendara harus mematuhi tekanan minimum (pada ban) untuk 30 persen putaran selama sprint atau 60 persen putaran dalam jarak balapan apa pun selama 15 putaran," bunyi keterangan di laman MotoGP.

Dengan keluarnya sanksi kepada lima pembalap ini membuat hasil sprint berubah. Dani Pedrosa yang membalap dengan status wildcard KTM, naik ke posisi ketiga lantaran satu dari lima pembalap yang kena penalti itu ialah Fabio Quartararo. Quartararo sejatinya finis ketiga di belakang Pedro Acosta dan si pemenang Jorge Martin.

BACA JUGA:Penonton Terhibur, Featured Race MotoGP Australia 2023, Ketegangan Terjadi di Lap Terakhir

Namun, lantaran tekanan bannya rendah, Quartararo mendapat penalti delapan detik. Quartararo pun harus puas dengan posisi ke-5, tepat di bawah Franco Morbidelli.

Pembalap lain yang juga mendapat penalti delapan detik dari FIM MotoGP Stewards ialah Raul Fernandez, turun dari P6 ke P12.

Lalu Fabio Di Giannantonio tetap di P13 setelah mendapat penalti, Jack Miller tetap di P14 dan Alex Rins tetap di P15. (mgp/jpnn)

Hasil Sprint MotoGP Spanyol (setelah lima pembalap dapat penalti)

1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24) 19m 52.682s

2. Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)* +2.970s

3. Daniel Pedrosa SPA Red Bull KTM (RC16) +7.102s

4. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24) +8.481s

5. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +15.052s

Sumber: