Bupati Panca Hadiri RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2025.

Bupati Panca Hadiri RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2025.

Bupati Panca menandatangani berita acara kegiatan musrenbang RKPD Provinsi Sumsel--

Bupati Panca Hadiri RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2025.

OGANILIR.CO- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2025, berlangysng di Hotel Novotel Palembang, Selasa, 30 April 2024.

Musrenbang dibuka oleh PJ Gubernur Sumsel H  Agus Fatoni diwakili Sekda Provinsi Sumsel Ir Supriono dan dihadiri langsung oleh Bupati dan Wali Kota Se Provinsi Sumatera Selatan dengan melakukan pemukulan gendang secara serentak.

Usai Musrenbang di Buka, dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan Kepala BPSDM Kemendagri Dr. Sugeng Hariyono secara virtual.

BACA JUGA:Bupati Panca Melantik dan Mengambil Sumpah 546 PPPK

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan, musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2025 dapat menguatkan sinergi dalam pembangunan daerah dan mensuskseskan program-program yang ada, seperti menurunkan angka stunting dan kemiskinan extrem yang ada di daerah khususnya daerah Kabupaten Ogan Ilir.

“Saya yang juga menjabat sebagai Ketua KTNA Provinsi Sumatera Selatan melakukan penandatanganan berita acara RKPD secara bersama sama,’’kata Bupati Panca.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Ir. SA. Supriono mengatakan, pada tahun lalu tingkat pertumbuhan ekonomi Sumsel mencapai 5,08% yang mengalami sedikit penurunan sebesar 0,15% dibandingkan tahun sebelumnya. Kemiskinan ekstrem turun menjadi 11,78%.

BACA JUGA:Buka Musrenbang, Pj Bupati Banyuasin Ingatkan Kepala SKPD

Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) mengalami kenaikan mencapai 73,18%, pengangguran terbuka mengalami penurunan hingga 4,11% yang sebelumnya 4,63%, gini rasio meningkat menjadi 0,339% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada di angka 0,330%.

Lebih lanjut Supriono mengatakan, penguatan daya saing daerah menuju Sumsel unggul tahun 2025 memiliki 4 program prioritas  yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan, meningkatkan kualitas hidup dan pengelolaan bencana serta meningkatkan reformasi birokrasi dan ketertiban umum.

Untuk merealisasikan itu, beberapa target yang harus dicapai oleh Pemprov Sumsel pada 2025 adalah pertumbuhan ekonomi menjadi 6%, kemiskinan diharapkan turun menjadi 9,37%-10,37%, tingkat pengangguran terbuka diharapkan turun menjadi 3,83%-3,95%, Indeks Modal Manusia (IMM) diharapkan berada di angka 0,53%, dan gini rasio diharapkan turun menjadi 0,316%-0,320%.

BACA JUGA:Bupati Panca Buka Musrenbang. Kemiskinan dan Stunting Tetap Bagian Prioritas

Supriono menjelaskan penurunan angka kemiskinan di Sumsel hanya dapat dilakukan oleh bupati serta wali kota sehingga jika mengalami kenaikan kemiskinan satu di antara yang lain, maka secara keseluruhan indeks kemiskinan Sumsel juga akan naik.

Sumber: