Pertama Di Sumsel, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Diskusi Dengan Wartawan Se Ogan Ilir

Pertama Di Sumsel, Bawaslu Ogan Ilir Gelar Diskusi Dengan Wartawan Se Ogan Ilir

Diskusi pengawasan pemilu yang digelar bawaslu Ogan Ilir dengan melibatkan seluruh wartawan se Ogan Ilir --

# Bawaslu Ogan Ilir Akan Bentuk Kehumasan

        OGAN ILIR, OGANILIR.CO- Sebanyak 46 wartawan se Ogan Ilir (OI) mengikuti diskusi  sosialisasi  pengawasan partisipatif  yang digagas Bawaslu Ogan Ilir, berlangsung selama dua hari, 28-29 November 2022 di Hotel 101 Palembang.

Kegiatan pertama di Sumsel dalam lingkungan Bawaslu se Sumsel ini mengambil tema “Peran Media Massa Dalam Pengawasan Pemilu 2024’’.

“Diskusi yang kita laksanakan ini  dengan melibatkan semua wartawan di Ogan Ilir ini, merupakan kegiatan yang pertama kali di Sumsel yang dilakukan oleh Bawaslu se Sumsel,’’kata Ketua Bawaslu Ogan Ilir Darmawan Iskandar didampingi dua komisionernya Idris dan Karlina.

Bahkan Ketua Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi juga membenarkan kalau kegiatan diskusi dilaksanakan Bawaslu Ogan Ilir dengan seluruh awak media ini, merupakan pertama kali dilakukan di jajaran Bawaslu  se sumsel,’’Kita sendiri dari Bawaslu Sumsel, akan melaksanakan hal yang sama, tapi sepertinya keduluan oleh Bawaslu Ogan Ilir, saya memberikan apresiasi dan ide cemerlang yang dilakukan Bawaslu Ogan Ilir ini,’’kata Yenli Elmanoferi ketika memberikan materinya dihadapan seluruh awak media.

BACA JUGA:Empat Bendahara Bawaslu Jalani Pemeriksaan di Kejari Ogan Ilir

Bahkan disela sela pembicaraannya Yenli bahwa peran media sangat besar sekali suskses tidaknya proses pemilu 2024 yang akan digelar,’’Peran media sangat strategis  pada pemilu 2024, apalagi kita ketahui Pers sebagai pilar demokrasi ke empat demokrasi, dalam pemilu mendatang,’’ujarnya .

Yenli menambahkan, dalam proses kerjanya Pers  betul-betul luar biasa dalam mencari informasi , ketika ada kejadian dan peristiwa, langsung melakukan pengumpulan data ,’’Saya berharap insting  cara kerja Pers ini boleh ditularkan ke Panwasca, yang sudah kita bentuk untuk melaksanakan tugasnya,   berikan ruang untuk kami berkontribusi dalam pengawasan,’’katanya.

Sementara masih kata Bawaslu Ogan Ilir Darmawan  Iskandar, untuk menjali komunikasi kepada awak media di Ogan Ilir sebagai mitra kerja, pihaknya akan membentuk kehumasan dan ruang media  di Bawaslu Ogan Ilir, sehingga informasi yang dibutuhkan para wartawan bisa dengan mudah didapat dan diakses disana.

        Sementara pada acara diskusi  sosialisasi  pengawasan partisipatif, pemateri diawali narasumber Ketua KPU Ogan Ilir Dra Massuryati dengan memaparkan tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang sesuai Peraturan KPU RI Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu.

“KPU di seluruh Indonesia sedang mensosialisasikan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 agar masyarakat mengerti dan dapat menggunakan hak pilih. KPU Ogan Ilir sendiri  saat ini tengah mengrekrut penerimaan badan adhoc penyelenggaraan pemilu yakni PPK,’’kata Massuryati.

Dikatakan Massuryati, ada 11 tahapan Pemilu yang saat ini sedang dijalankan KPU Ogan Ilir, diantara tahapan tersebut yakni mulai dari perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu dilaksanakan selama 731 hari mulai 14 Juni 2022 hingga 12 Juni 2024.

Kemudian pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih selama 251 hari mulai 14 Oktober 2022 hingga 21 Juni 2023. Hingga sampai pengucapan sumpah atau janji presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.(sid)

Sumber: