Tinjau Bencana Alam, Mobil Gubernur Sumbar Terseret Longsor

Tinjau Bencana Alam, Mobil Gubernur Sumbar Terseret Longsor

Mobil rombongan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah yang terseret longsor di Sitinjau Lauik. foto: padang ekspres--

Tinjau Bencana Alam, Mobil Gubernur Sumbar Terseret Longsor 

SOLOK, oganilir.co - Maksud hati meninjau lokasi banjir bandang dan longsor yang terjadi di wilayahnya, mobil yang ditumpangi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah malah terseret dan terbawa longsor yang terjadi secara mendadak. 

Peristiwa itu dialami Gubernur Mahyeldi saat meninjau longsor di Sitinjau Lauik, Ahad 12 Mei 2024 sore. Mobil iring-iringan rombongan Gubernur Mahyeldi Ansharullah ikut terbawa material longsor ke jurang. Untungnya, Mahyeldi Ansharullah dilaporkan masih selamat. Kejadian itu terjadi di Sitinjau Lauik yang berlokasi di jalan lintas Padang-Solok.

Dilaporkan Padang Ekspres, longsor di Sitinjau Lauik terjadi sekitar pukul 16.15 WIB. Saat itu, iring-iringan rombongan Gubernur Sumbar melintas menuju Kota Padang usai meninjau lokasi bencana di Kabupaten Tanah Datar. Pada saat bersamaan, di Sitinjau Lauik terjadi longsor yang jatuh di hadapan iring-iringan mobil orang nomor satu di Sumbar itu.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Jalan Lintas Sumbar-Riau Sudah Bisa Dilalui

"Beruntung Gubernur dan rombongan tidak menjadi korban, meskipun kejadian itu berlangsung di hadapannya," kata Kepala Biro Adpim Setda Prov Sumbar Mursalim di Padang, Ahad (12/5). Dalam insiden longsor itu, dua kendaraan minibus terbawa material longsor ke dalam jurang.

Mursalim menuturkan, berdasar informasi yang diterimanya dari tim di lapangan, Gubernur beserta rombongan tim Humas Setda Sumbar dibantu beberapa warga. Warga turun ke jurang untuk melakukan evakuasi korban.

Diketahui, dalam insiden longsor itu, dua bus terseret longsor. Di dalam minibus itu terdapat enam orang menjadi korban. 1 orang di antaranya terjepit pintu dan kritis, sementara 5 orang lainnya luka-luka.

"Hingga saat ini, proses evakuasi masih berlangsung. Namun Gubernur dan rombongan mengalami kesulitan karena terbatasnya peralatan dan pencahayaan," jelas Mursalim.

BACA JUGA:Gubernur Sumbar Laporkan Bupati Solok ke Kemendagri, ini Klarifikasi Karo Adpim

Dia tidak bisa memastikan apakah saat ini regu penolong telah tiba di lokasi atau belum. Sebab dirinya tidak ikut dalam rombongan dan hanya menerima laporan via sambungan telepon dari Tim Humas yang sedang bertugas mengiringi Gubernur di lapangan.

"Kita tadi hanya tersambung melalui telepon dengan tim yang di lapangan, itu pun putus-putus. Sebab sinyal di daerah tersebut memang kurang bagus. Tapi yang pasti Gubernur aman dan evakuasi korban saat ini sedang diupayakan," pungkasnya.

Mursalim mengaku, telah menghubungi Dinas BMCKTR dan BPBD Sumbar untuk membantu penanganan korban dan pembersihan material longsor di daerah tersebut. Ia lalu berharap, semoga bantuan dari instansi terkait bisa segera datang. 

Sumber: