Dandim 0402 OKI Dampingi Danrem 044 Gapo Tinjau Lokasi Opla

Dandim 0402 OKI Dampingi Danrem 044 Gapo Tinjau Lokasi Opla

Dandim 0402 OKI Dampingi Danrem 044 Gapo Tinjau Lokasi Opla--

Dandim 0402 OKI Dampingi Danrem 044 Gapo Tinjau Lokasi Opla

OKI, oganilir.co - Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol Inf Yontri Bhakti,S.H.,M.H., mendampingi Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Thohir, S.Sos., M.M., beserta rombongan meninjau lokasi Optimasi Lahan (Opla) di Desa Bandar Jaya dan Desa Mukti Jaya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir menelusuri sungai waktu tempuh 2 jam 15 menit. Senin 20 Mei 2024.

Kegiatan Opla yang dilaksanakan di Kecamatan Air Sugihan ini ditargetkan sebanyak 7003,2 Ha. Dimana lokasi nya terbagi di 8 desa salah satunya desa Bandar Jaya dan desa Mukti Jaya.

Dandim 0402/OKI menyampaikan bahwasanya Optimasi Lahan (Opla) ini merupakan pekerjaan yang harus kita lakukan bersama - sama agar dapat membantu program pemerintah untuk ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten OKI ini.

"Sistem pelaksanaan tanam padi yang dilaksanakan menggunakan sistem tanam tabur, dapat mengurangi biaya operasional yang sangat tinggi. Untuk saat ini petani hanya bisa satu kali masa tanam dalam setahun, mudah-mudahan dengan pembangunan optimasi lahan (Opla) masa tanam petani meningkat, sehingga petani bisa panen 2-3 x dalam setahun," ungkap Dandim.

BACA JUGA:Dandim 0402 OKI Berganti, Irsyad Mahdi Pane Pindah ke Rindam

Dalam kunjungan ini Danrem 044/Gapo sangat mengapresiasi kepada Anggota Kodim 0402/OKI, Kadistan OKI, para petani dan masyarakat Air Sugihan yang selalu semangat dalam melaksanakan kegiatan Opla ini dan terjalin hubungan yang sangat guyub.

"Tugas kita dalam ketahanan pangan sama, kita mencetak beras, kita produksi beras. Kec Air sugihan merupakan pintu utama tola ukur keberhasilan Opla bukan hanya kabupaten OKI namun juga Provinsi Sumatra Selatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil panen para petani," tambahnya. 

Pada kesempatan lain Kadistan OKI Bapak Sahrul menyampaikan selamat datang kepada Danrem 044/Gapo beserta rombongan di kecamatan Air Sugihan. Beliau juga mengatakan, untuk Opla di Kabupaten OKI merupakan tola ukur keberhasilan opla di provinsi Sumatra selatan sehingga saat ini dilaksanakan selain Kecamatan Air sugihan telah dilaksanakan juga di Kecamatan Sungai Menang serta Lempuing Jaya," ujarnya.

Sumber: