Tinjau Lahan OPLA, ini Pesan Pangdam II/Sriwijaya

Tinjau Lahan OPLA, ini Pesan Pangdam II/Sriwijaya

Naudi Nurdika bersama Ali Jamil meninjau lahan OPLA, Kamis 23 Mei 2024 di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten OKI.--

Tinjau Lahan OPLA, ini Pesan Pangdam II/Sriwijaya

KAYUAGUNG, oganilir.co - Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Yontri Bhakti SH MH mendampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jendral TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr (Han) beserta rombongan meninjau lokasi optimasi lahan (OPLA) di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kamis 23 Mei 2024.

Pangdam II/Sriwijaya beserta Dirjen PSP Kementrian Pertanian Dr Ali Jamil MP Phd dan rombongan lainnya menggunakan speedboard atau kapal menelusuri sungai lebih kurang 2 jam 15 menit.

Dandim 0402/OKI sangat berterima kasih kepada Pangdam II/Sriwijaya dan rombongan yang datang langsung meninjau program opla di wilayah Kodim 0402/OKI khususnya di Desa Bandar Jaya ini.

"Dengan kehadiran bapak Pangdam II/Sriwijaya beserta rombongan ini semoga dapat mengurangi kendala-kendala yang dialami oleh masyarakat atau para petani dalam percepatan program optimasi lahan (opla) ini," kata Yontri Bhakti.

BACA JUGA:Operasi Pasar PERJAKA, Kodim 0402 OKI Siapkan 1.600 Paket Sembako

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Naudi Nurdika menyampaikan bahwa ke depan apabila ada kendala pengairan lahan maka silahkan diajukan kepada pihak Dinas Pertanian setempat, berupa pompa. Serta diharapkan para petani ke depan bisa melaksanakan 3 kali panen dalam 1 tahunnya.

"Maka dari itu Program Optimasi Lahan (OPLA) ini dapat mencapai hasil yang maksimal," kata Naudi Nurdika.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Ali Jamil menyampaikan bahwa tujuan Program OPLA adalah untuk mengurangi beras impor, maka dari itu lahan pertanian di Optimasi dengan dibuatkan tanggul dan sarana irigasi yang dapat mencegah kekeringan lahan bisa diatasi dengan pompa yang sudah disiapkan. Selain itu, peruntukan tanggul dapat digunakan untuk mempercepat penanaman padi 2 s.d 3 kali setahun. Jenis padi yang cocok di Desa Bandar Jaya disaat kering adalah jenis padi Gogo, sehingga lahan 297 Ha ini semua diharapkan bisa 3 kali tanam," jelasnya.

Kegiatan kunjungan kerja Panglima Kodam II/ Sriwijaya beserta rombongan ini dalam rangka program OPLA, pompanisasi, dan Perluasan Areal Tanam (PAT) guna meningkatkan produksi beras di kec Air sugihan. (ril)

Sumber: