Jelang Iduladha, Harga Sembako di Muba Naik

Jelang Iduladha, Harga Sembako di Muba Naik

Azizah berdialog dengan pedagang cabai Pasar Randik, Sekayu, Kamis 13 Juni 2024. --

SEKAYU, oganilir.co - Memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Tradisional Randik, Kamis 13 Juni 2024.

Bersama Forkopimda dan kepala perangkat daerah Muba, Kepala Dinas Dagperin Muba Azizah S Sos MT, berkeliling hampir ke semua kios yang ada di pasar. Mulai dari pedagang beras, bawang, cabai, telur, maupun pedagang ikan dan daging. Di sela-sela sidak tersebut, Azizah menyempatkan diri berdialog dengan para pedagang, terkait harga dan stok barang menjelang  Hari Raya Iduladha.

Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi melalui Kepala Dinas Dagperin Muba Azizah SSos MT mengatakan, pantauan harga harus dilakukan, sebab melalui sidak ini bisa mengetahui langsung kondisi dan situasi pasar pada masa-masa ramai pembeli, menjelang Hari Raya Idul Adha. Sehingga Pemkab Muba melalui TPID bisa menentukan langkah yang harus diambil, jika terjadi kelangkaan atau lonjakan harga kebutuhan.

BACA JUGA:Petugas Kebersihan Sumringah Dapat Sembako dari Polres Ogan Ilir

"Nah pada hari ini kita sudah melihat bahwa terjadi kenaikan harga cabe merah semula harganya Rp50.000/kg sekarang menjadi Rp60.000/kg. Cabai rawit semula harganya Rp35.000/kg sekarang menjadi Rp40.000/kg. Telur ayam ras semula harganya Rp28.000/kg sekarang menjadi Rp30.000/kg. Daging ayam ras  semula harganya Rp30.000/kg sekarang menjadi Rp32.000/kg. Untuk harga bahan pokok lainnya tetap stabil dan stok cukup tersedia sebagaimana mestinya," terang Azizah. 

Lanjutnya, kenaikan harga tersebut, ditandai dengan adanya peningkatan kebutuhan masyarakat di menjelang Hari Raya Idul Adha. "Meskipun mengalami kenaikan yang tidak kalah penting harus memastikan pasokan dan bahan pokok penting masih tetap stabil," tandasnya.

Sumber: