Pemkab Banyuasin Bangun Perkantoran di Atas Lahan Eks BLBI

Pemkab Banyuasin Bangun Perkantoran di Atas Lahan Eks BLBI

Erwin Ibrahim (kiri) meninjau lahan eks BLBI yang akan dibangun perkantoran, Kamis 13 Juni 2024.--

BANYUASIN, oganilir.co - Pemerintah Kabupaten Banyuasin bakal membangun kantor pemerintahan, puskesmas, sekolah dan fasilitas umum lainnya di lahan eks BLBI Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kemenkeu di Kecamatan Talang Kelapa.

"Iya, rencananya seperti itu," kata Sekretaris Daerah Banyuasin Erwin Ibrahim. Namun sebelum rencana pembangunan tersebut terlaksana, Erwin menegaskan kalau pihaknya akan clear dan clean terlebih dahulu.

"Karena tanah tersebut tidak sepenuhnya clear and clean, ada sebagian yang diduduki oleh masyarakat dan pihak-pihak tertentu," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama Kepala KPKNL Kemenkeu Mardhanus, Wakil Ketua DPRD  Sukardi, anggota DPRD Sulistiqlal, Kepala  BPKAD  Yuni Khairani dan tim Pemkab lainnya melakukan survei lapangan terhadap lahan seluas 13 hektare itu."Kita telah survei," tuturnya.

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutlabun

Setelah dilakukan survei bersama pihak-pihak terkait, nantinya pihak BPN akan mengukur serta menggambar peta bidang. Selanjutnya akan dilihat apakah tanah eks BLBI ini dapat dimanfaatkan untuk pemerintah daerah atau tidak.

"Itu tergantung dari gambar BPN nanti," terangnya.

Jika semua telah memenuhi persyaratan dan layak, Pemkab Banyuasin akan ajukan hibah kepada pihak terkait.

"Semua masih dalam tahap pembahasan," imbuhnya. Diakuinya lahan itu sekarang dikuasai oleh Kemenkeu dan akan dihibahkan Pemkab Banyuasin. 

"Rencananya akan dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah," pungkasnya.

Sumber: