Luar Biasa, Masjid Jamik Talang Ratu Kurban 5 Sapi-19 Kambing

Luar Biasa, Masjid Jamik Talang Ratu Kurban 5 Sapi-19 Kambing

Pemotongan sapi kurban di Masjid Jamik, Perumahan Rakyat Talang Ratu, Palembang, Senin 17 Juni 2024.--

PALEMBANG, oganilir.co - Allaahu Akbar Allaahu Akbar Allaahu Akbar, Laa Illaa Haillallahuwaallaahuakbar Allaahu Akbar Walillaahil Hamd,”

Gema Takbir berkumandang pada hari, Senin 17 Juni-2024 sejak malam menjelang tiba pukul : 07.00 WIB Salat Hari Raya Idul Adha Raya Qurban 10 Dzullihjah 1445 H Tahun 2024.

Usai pelaksanaan salat saat pemotongan hewan Qurban di Masjid Perumahan Rakyat Jl Letnan Murod RW 04 Rt 10/13 DIV Ilir Timur I, Palembang.

Hewan Qurban ditahun ini sebanyak 5 ekor sapi dan 19 ekor kambing berasal dari para donatur serta arisan warga.

Hal ini dikatakan oleh ketua Panitia R. Syamsuddin. Dia mengungkapkan setiap tahun di Masjid Jamik pelaksanaan hewan Qurban berkisar 4-7 ekor sapi. kalau, kambing relatif banyak. 

BACA JUGA:Warga Villa Gardena 4 Kurban 5 Sapi-6 Kambing

"Di Masjid Jamik relatif kisaran 4-7 ekor Sapi tergantung para donatur yang mengqurbankan nya, kadang banyak begitupun hewan Kambing, "jelas R.Syamsuddin ketua panitia kegiatan penyembelihan hewan qurban 1445 H berdampingan dengan H. Hamzah Sakban  Koordinator kegiatan qurban.

Dikatakannya, pelaksanaan kurban dibantu oleh para pengurus Masjid Jamik, Ibu - ibu pengajian, Hafiz Qur'an serta masyarakat setempatpun dilibatkan. Selanjutnya setelah hewan qurban disembelih, dibersihkan, lalu ditimbang dengan aturan penjumlahan dan di kemas. dari masing - masing hewan Qurban dibagikan ke masyarakat sekitar dan juga diberikan kepada panti - panti asuhan yang sebelumnya telah mengajukan permohonan permintaan daging Qurban.

"Daging Qurban dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan serta dibagikan kepada panti -panti Asuhan yang sebelumnya telah mengajukan permohonan," kata R. Syamsuddin.

Ketua Masjid Jamik Maulana MS menyebutkan, pada perayaan Hari Raya Iduladha, yang dilakukan adalah dengan ibadah berqurban sebagai bentuk ketaataan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Qurban dimulai setelah Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan 3 hari setelahnya yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah (Hari Tasyrik). pada hari tersebut, umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban yang sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. hewan qurban yang umumnya dipilih adalah Domba, Sapi, atau Kambing," jelas Maulana MS.

BACA JUGA:Delapan Ekor Sapi dari PT SAP Siap Dikurbankan untuk Masyarakat

Kegiatan penyembelihan, lanjut Maulana, hewan qurban ini sangatlah bermakna, Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan dalam rangka ungkapan rasa syukur dan berbagi kepada sesama umat serta senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Seperti biasa di setiap tahunnya di Masjid Jamik, kegiatan penyembelihan dan pemotongan hewan qurban dikoordinasi oleh panitia pengurus Masjid Jamik dan dilakukan dengan bergotong - royong oleh seluruh warga Rw 04 seputaran Perumahan Rakyat. daging qurban kemudian dibagikan kepada pihak yang melaksanakan qurban, masyarakat perumahan sekitarnya dan Panti - panti asuhan serta masyarakat yang membutuhkan," bebernya ketua Masjid Jamik, Maulana MS didampingi H. Ruslan Effendi.

Selanjutnya, Maulana MS atas nama keluarga besar Masjid Jamik Perumahan Rakyat, mengucapkan terima kasih kepada panitia atas baiknya pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tahun ini,

Sumber: