Sehari Pasca Iduladha, Pedagang Pasar Tradisional di Palembang Libur

Sehari Pasca Iduladha, Pedagang Pasar Tradisional di Palembang Libur

Pedagang di Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar memilih libur sehari pascaHari Raya Iduladha 1445 H, Selasa 18 Juni 2024. foto: dendi romi/oganilir.co--

Sehari Pasca Iduladha, Pedagang Pasar Tradisional di Palembang Libur

PALEMBANG, oganilir.co - Pedagang yang berjualan di pasar tradisional di Palembang sepertinya masih menikmati libur Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah. Betapa tidak, pasar tradisional Alang-Alang Lebar dan Pasar Maskarebet masih sepi pedagang, sehari pascaHari Raya Iduladha 1445 Hijriah.

Pantauan oganilir.co, Selasa 18 Juni 2024 di Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar Palembang, pedagang masih memilih libur berjualan. Hampir seluruh kios dan lapak di pasar yang terletak di belakang Terminal Alang-Alang Lebar itu masih tutup. Seperti kios/lapak sembako, sayur, ayam, ikan, daging, bumbu, buah, santan, bawang, cabai, dan kios/lapak pedagang lainnya. Mereka memilih libur atau tidak berjualan sehari pascaLebaran Iduladha 1445 H.

Kalaupun ada pedagang yang berjualan atau membuka kios, tidak lebih dari tujuh lapak/kios. Padahal jumlah lapak/kios di Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar ini mencapai 100 buah. Praktis, ibu rumah tangga yang akan membeli sayur atau kebutuhan memasak lainnya harus kecele. 

BACA JUGA:Viral! Remaja Berkelahi di Pasar Malam Terlihat Satu Acungkan Pistol, Polsek Lempuing Belum Terima Laporan

"Masih libur pecaknyo pedagang ini (Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar)," celetuk salah satu ibu rumah tangga.

Kalaupun ada pedagang yang berjualan, tidak berupa sayur atau bahan makanan. Hanya pedagang pakaian, toko plastik, karpet, atau dagangan yang bukan berupak bahan makanan. 

Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Maskarebet yang terletak di kawasan pemukiman. Dari sekitar 30 kios atau lapak milik pedagang, hanya sekitar lima pedagang yang berjualan. Aktivitas jual beli di Pasar Maskarebet ini justru lebih sepi dibanding Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar. 

 

Sumber: