Berikan Pelayanan Kesehatan, Puskemas Indralaya Punya Lima Inovasi

Berikan Pelayanan Kesehatan, Puskemas Indralaya Punya Lima Inovasi

--

OGAN ILIR, OGANILIR.CO -Sebuah terobosan dan inovasi yang dilakukan  UPT Puskemas Indralaya, dalam memberikan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dan selama ini banyak yang belum tahu, kalau Pusat Pelayanan Kesehatan yang kini menempati gedung yang refresentatif sejak 8 Februari 2022 lalu, memiliki 5 inovasi.

“Saat ini kita sudah memiliki 5 inovasi, yakni pertama Inovasi Simpan Asbak, Ketel Umak, Takar Sehat Kita, Posting Mata Sinting dan Jelita Keren,’’kata Kepala UPT Puskemas Indralaya dr H Zulkifli didampingi Stafnya Rika .

Dijelaskan dr H Zulkifli, dari 5 inovasi tersebut yang terbarukan dan baru dilaunching yakni “Takar Sehat Kita” alias “Tanya Kabar Kesehatan Klien Tercinta” dengan Call Center UPT Puskesmas Indralaya 24 Jam dengan Nomor 0813-7948-8987.

‘’Lahirnya Inovasi Takar Sehat Kita, berawal dari kegiatan optimalisasi Telekonsultasi (KonsulDok) yang mengedepankan kolaborasi antara Pihak Manajemen Puskesmas Indralaya selaku Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan BPJS Kesehatan,’’lanjut dr H Zulkifli.

Dimana Teknisnya lanjut dr H Zulkifli, pihaknya akan memberikan pelayanan kesehatan selama 24 Jam,’’Kami siap 24 jam menerima konsul klien wilayah Puskesmas Indralaya , setelah dilakukan konsul akan diteruskan  ke pemegang kebijakan  atau dokter yang bertugas,’’jelasnya.

Diakui dr H Zulkifli, system Inovasi tersebut, sebenarnya sudah pernah dilakukan, hanya saja selama ini kurang  maksimal dalam penjangkauannya ,’’Jadi melalui konsul ini, kita bisa memilah, mana yang lebih urgent dan mana yang sifatnya hanya sekedar konsul online saja,’’ucapnya .

Masih kata dr H Zulkifli, seperti inovasi sebelumnya yakni “Simpan Asbak”, dalam implemetasinya dilapangan, dilakukan sebuah gerakan dimasyarakat yakni memastikan setiap ingin merokok,  asapnya bukan untuk anggota keluarga,’’Semisalnya tidak menyediakan asbak rokok didalam rumah, atau apabila ada kegiatan pesta atau semacamnya, maka panitia biasanya dikasih rokok lalu diganti dengan uang,’’kata dr H Zulkifili mencontohkan.

Sedangkan tiga inovasi lainnya yakni  “Ketel Umak” dimaksudkan, yakni Kembang Telang untuk menjaga kesehatan, “Jelita Keren” yakni Kunjungan dan Edukasi Lansia  dengan Tingkat Kematian Rendah,  dan yang terakhir “Posting Mata Sinting” yakni Pos Timbang Mandiri, Balita atasi Stunting.(sid)

Sumber: