Raih Untung Lewat Program Kesatria, Terbukti Petani OKI berhasil Panen Padi Gogo di Lahan Sawit

Raih Untung Lewat Program Kesatria, Terbukti Petani OKI berhasil Panen Padi Gogo di Lahan Sawit

Foto dok Diskominfo OKI --

Heru berharap dengan adanya panen ini dapat memotivasi atau menginspirasi kelompok tani lain agar turut serta ikut menanam padi gogo dilahan perkebunannya, serta bersama saling berkomitmen dalam gerakan tanam padi ini, agar semakin memperkuat kedaulatan pangan. 

BACA JUGA:KPK Dampingi Pemkab OKI Petakan Area Rawan Korupsi

Menurut Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah, program kesatria ini salah satu langkah solutif yang strategis dalam menjawab tantangan dampak perubahan iklim dan antisipasi ketersediaan pangan nasional, karena bisa mengoptimalkan integrasi perkebunan sawit dengan padi gogo. Karena penanaman padi gogo dapat dilakukan selama menunggu tanaman sawit menghasilkan atau masa peremajaan sawit maupun dilahan perkebunan lainnya, sekaligus dapat menambah penghasilan pekebun tentunya. Perkebunan punya potensi luar biasa dan harus dimaksimalkan. 

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, yang menugaskan seluruh jajaran Kementan gencarkan program Perluasan Areal Tanam atau PAT melalui pompanisasi dan mengoptimalkan tanam padi gogo di beberapa wilayah sentra pertanian termasuk di lahan perkebunan.

Sumber: