Honda Freed Keluarkan Generasi Ketiga, Spesifikasi Makin Canggih

Honda Freed Keluarkan Generasi Ketiga, Spesifikasi Makin Canggih

Honda Freed generasi ketiga.--

Honda Freed Keluarkan Generasi Ketiga, Spesifikasi Makin Canggih

JAKARTA, oganilir.co - Honda Freed telah meluncurkan varian barunya pada Mei 2024 lalu. Tampilan mobil Multi Purpose Vehicles (MPV) yang makin modern, dapur pacunya sudah dijejali teknologi elektrifikasi.

Honda Freed masuk generasi ketiga mengeluarkan dua tipe yaitu Freed Air dan Crosstar.

Varian Freed Air punya desain lebih sederhana namun canggih, sementara Freed Crosstar dibuat lebih tangguh dengan kehadiran grille depan unik, bemper lebih tebal, aksen aluminum, roof bar, dan desain velg berbeda.

All New Freed generasi baru ini punya kap mesin yang tirus ketimbang model sebelumnya, bentuknya lebih datar dan wajahnya lebih tegak, dengan lampu depan berbentuk trapesium dengan dua garis putus-putus lampu daytime running lights (DRL) di atas lampu utama.

Dari segi ukuran, all-new Freed sedikit lebih besar dari pendahulunya, dengan panjang 4.310 mm, lebar 1.695-1.720 mm dan tinggi 1.755-1.780 mm, namun jarak sumbu roda tetap tidak berubah yaitu 2.740 mm.

BACA JUGA:Motor Bebek Legendaris Honda Disuntik Mati, ini Alasannya

Honda Freed Air punya konfigurasi tiga baris dengan opsi jok 6-seater dan 7-seater. Sedangkan Freed Crosstar dibekali dua opsi yaitu dua baris dengan 5-seater atau tiga baris dengan 6-seater.

Pada area interior, Honda Freed generasi ketiga sekarang mendapatkan dasbor baru yang muncul seperti di N-Box. Hilang sudah kluster instrumen yang dipasang tinggi pada mobil lama, yang kini telah digantikan dengan tampilan digital di depan setir dua palang.

Honda Freed ditawarkan dengan dua opsi mesin. Pertama adalah mesin bensin L15D 1.5 liter naturally-aspirated (NA) inline-four yang menghasilkan tenaga 118 PS (117 hp atau 87 kW) pada 6.600 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm. Mesin DOHC i-VTEC ini dipasangkan dengan CVT yang menggerakkan roda depan, dengan pilihan penggerak semua roda.

Powertrain alternatifnya adalah sistem dual-motor e:HEV Honda dengan mesin bensin LEB 1.5 liter NA inline-four. Mesin ini bisa menghasilkan 106 PS (105 hp atau 78 kW) dari 6.000 hingga 6.400 rpm dan 127 Nm dari 4.500 hingga 5.000 rpm.

BACA JUGA:Bentuk Terbaru Honda Spacy 2024, Sudah Gunakan Fitur yang Modern

Mesin internal combustion engine (ICE) ini bisa berguna sebagai generator untuk baterai lithium-ion 48-Ah, yang kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dengan daya 123 PS (121 hp atau 90 kW) dan 253 Nm.

Secara otomatis Honda Freed bisa beralih di antara tiga mode: EV, hybrid, dan bensin. Sedangkan untuk penggeraknya ditawarkan dalam dua pilihan yakni penggerak depan dan 4WD.

Sumber: