Kabut Asap Kembali Selimuti Udara Palembang

Kabut Asap Kembali Selimuti Udara Palembang

Kabut asap menyelimuti udara Palembang sampai Jumat 5 Juli 2024 pukul 07.30. Foto: dendi romi/oganilir.co--

Kabut Asap Selimuti Udara Palembang

PALEMBANG, oganilir.co - Kebiasaan perusahaan perkebunan dan masyarakat Sumsel membuka kebun dengan membakar lahan sepertinya belum bisa dihilangkan. Betapa tidak, kabut asap menyelimuti udara Kota Palembang pada Jumat 5 Juli 2024 dini hari hingga siang.

Pantauan oganilir.co Jumat 5 Juli 2024, kabut asap menyelimuti udara Kota Palembang terlihat sejak dinihari hingga siang. Bau asap menyengat saat keluar rumah pada Jumat dini hari. Pekatnya kabut asap membuat jarak pandang terbatas. Kabut asap masih terlihat sampai pukul 07.30 sebelum terlihat matahari terbit.

Rizal, salah satu warga Palembang mengatakan bahwa kabut yang menyelimuti udara Palembang kali ini bukan berasal dari embun atau tingginya curah hujan. Melainkan dari asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Perilaku masyarakat dan perusahaan di Sumsel membuka kebun dengan membakar lahan belum bisa dihilangkan. Padahal himbauan dari pemerintah sudah jelas. 

BACA JUGA:Kabut Mulai Sirna ! Jam Belajar di Ogan Ilir Kembali Normal

"Kabut ini bukan embun, tapi asap kebakaran hutan dan lahan," kata Rizal. 

Dia menyesalkan masih terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Sumsel. "Pemerintah sudah sering mengeluarkan edaran dan maklumat," sesalnya.

Hujan yang mengguyur Kota Palembang menjelang Salat Jumat membuat udara sejuk dan kabut asap tidak terlihat. Jika tidak turun hujan, dipastikan kabut asap kembali pekat.

Sumber: