Warga Lubuk Tua Tangkap Buaya, BKSDA Minta Dilepas

Warga Lubuk Tua Tangkap Buaya, BKSDA Minta Dilepas

Buaya yang ditangkap warga Desa Lubuk Tua, Mura.--

MUSI RAWAS, oganilir.co - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Region Lahat meminta warga Lubuk Tua, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumsel untuk melepaskan buaya liar yang mereka tangkap.

Senin 8 Juli 2024 sekitar pukul 12.00 WIB, koordinator BKSDA Lahat Yusmono menegaskan jika buya merupakan salah satu hewan yang dilindungi.

"Kita sarankan buaya yang ditangkap warga itu agar dilepaskan kembali ke habitatnya yang jauh dar permukiman dan aktivitas warga. Atau warga bisa menyerahkan buaya itu ke kami BKSDA," kata Yusmono.

Menurutnya, buaya merupakan salah satu hewan yang dilindungi hukum. Menginggat hewan ini sudah nyaris punah. Konflik antara warga dan satwa liar seperti buaya memang sering terjadi, mengingat wilayah perairan Sumsel khususnya salah satu kawasan habitat asli buaya.

BACA JUGA:Lagi, Warga Tangkap Buaya Masuk Tambak di Desa Bumi Pratama Mandira

"Warga bisa menyerahkan buaya itu ke BKSDA Sumsel juga supaya hewan hewan ini bisa dilestarikan dan dikembalikan ke habitatnya," bebernya.

Informasi dihimpun, penangkapan buaya ukuran sedang di Desa Lubuk Tua, Kecamatan Muara Kelingi, di Kabupaten Mura. Berawal dari salah serorang warga yang memasang jaring ikan, Sabtu (6/7) sekitar pukul 17.30 WIB.

Buaya itu tersangkut di dalam jaring, lalu diamankan warga. Informasi ini dibenarkan Kapolres Mura AKBP Andi Supriadi melalui kapolsek Muara Kelingi Iptu Kosim.

"Kemarin, di Desa Lubuk Tua, telah ditemukan buaya oleh warga. Maka dari itu, personel Polsek Muara Kelingi Polres Mura, meluncur ke lokasi, untuk melakukan evakuasi buaya bersama warga," kata Kosim.

BACA JUGA:Buaya Empat Meter Masuk Tambak Warga Langsung Tangkap

Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan warga, bermula saat Hasan alias Acon warga Dusun , Desa Lubuk Tua, hendak ke Sungai Kerambil, untuk mengecek jaring ikan miliknya.

Saat hendak mengecek jaring, tiba-tiba, Hasan kaget/terkejut melihat jaring miliknya sudah terbawa arus sungai lebih kurang 5 meter dari tempatnya memasang jaring. 

"Lalu, Hasan, memeriksa jaringnya, dan ditemukan seekor buaya yang berukuran sedang," ujarnya.

Hasan memanggil warga untuk membantu mengamankan buaya tersebut, dengan cara diikat tali. Saat ini, buaya tersebut masih diamankan di rumah Hasan dan dalam kondisi masih hidup.

Sumber: