Cegah Karhutla, Perusahaan ini Siagakan Personel-Sarana Prasarana

Cegah Karhutla, Perusahaan ini Siagakan Personel-Sarana Prasarana

Personel pencegahan karhutla PT Kelantan Sakti.--

KAYUAGUNG, oganilir.co -  PT Kelantan Sakti sebagai salah satu perusahaan yang beroperasional di Kabupaten Ogan Komering Ilir  (OKI) juga menyambut baik amanat dari Pj Bupati OKI untuk melakukan langkah-langkah nyata guna mencegah terjadinya karhutla di wilayah operasional perusahaan dan sekitarnya.

“Kami menyambut baik atas amanat yang disampaikan. Perusahaan juga telah mensiap siagakan Tim Karhutla perusahaan serta sarana dan prasarana penunjang pencegahan dan pemadaman Karhutla," kata Group Manager PT Kelantan Sakti Juniansyah Sinaga,  Senin 15 Juli 2024.

"Oleh karena itu, kita juga siap berkoordinasi dengan Forkopimcam terkait, sebab tujuan kita disini semua sama, yakni tidak adanya kebakaran hutan dan lahan."

Sebelumnya acara apel siaga penanggulangan Karhutla Tahun 2024 di Kabupaten OKI, diawali dengan pengecekan kesiapan pasukan gabungan. Diantaranya pasukan TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD Kab OKI, RPK Perusahaan, Satpol PP/Damkar dan Dishub. Dilanjutkan dengan penyampaian amanat oleh Pj Bupati OKI dan diakhiri dengan Simulasi Penanggulangan Karhutla oleh Tim Gabungan.

BACA JUGA:Pimpin Apel Kesiapsiagaan Pencegahan Karhutla, Pj Bupati OKI Inspeksi Personel Manggala Agni

Dalam rangka kesiapsiagaan darurat penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan & Lahan) 2024, PT Kelantan Sakti bersama TNI/Polri, Muspida dan beberapa perusahaan lainnya menggelar acara Apel Siaga.

Sebelumnya Pj. Bupati Ogan Komering Ilir, Asmar Wijaya bertindak selaku inspektur upacara dalam Apel Siaga, mengamanatkan seluruh stakeholder melakukan langkah-langkah pencegahan karhutla yang nyata dan secara terpadu.

“Dampak karhutla tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten OKI akan tetapi juga dirasakan oleh masyarakat di provinsi lain, bahkan sampai ke negara tetangga," tegasnya.

 Selain kabut asap yang secara langsung dapat mengganggu kesehatan masyarakat, karhutla juga menimbulkan kerugian ekonomi, khususnya kepada pemilik lahan maupun perkebunan yang dilanda bencana karhutla.

 Oleh karena itu seluruh pihak harus melakukan langkah-langkah pencegahan secara nyata, yakni kesiapsiagaan Satgas Karhutla dan juga sarana dan prasarana untuk mengantisipasi terjadinya karhutla di wilayah Kabupaten OKI.

BACA JUGA:Pastikan Pencegahan Karhutla, Kapolsek Tulung Selapan Sambangi PT Samora

Pada kesempatan tersebut, Asmar Wijaya juga mengukuhkan camat se-kabupaten OKI sebagai Komandan Api di wilayahnya, didukung oleh Forkopimcam dan stakeholder terkait.

Sumber: