Harga Emas Melambung, Minat Menikah di OKI Tinggi

Harga Emas Melambung,  Minat Menikah di OKI Tinggi

Warga membeli emas di Toko Emas Mulia 2, Pasar Kayuagung, Jumat 19 Juli 2024. foto: nisya/SEG--

Harga Emas Melambung,  Minat Menikah di OKI Tinggi 

KAYUAGUNG, oganilir.co - Meski harga emas di Pasar Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering  Ilir (OKI) masih tinggi, tidak mempengaruhi  warga yang ingin membeli perhiasan. Bahkan saat ini tembus Rp7,2 juta/suku (satu suku 6,7 gram).

Pemilik Toko Emas Mulia 2, Elia Luster mengatakan bahwa, penjualan meningkat saat memperingati 10 Muharram lalu mencapai 50 suku."Alhamdulillah ramai tapi saat itu harga emas masih Rp7,1 juta," kata Elia, Jumat 19 Juli 2024.

Dia mengaku, dalam sepekan terakhir, harga emas kembali naik lagi menjadi Rp7,2 juta/suku. Untuk yang membeli dengan yang menjual hampir sama. Karena mereka yang menjual harga belinya masih bagus tergantung kondisi perhiasannya. Bahkan yang banyak sekali diminati bentuk padi, mawar dan koin dan model lipan dengan berat rata-rata 5 suku.

BACA JUGA:Polsek Tanjung Batu Tangkap Pelaku Pencurian Emas dan Uang

"Modelnya besar dan cocok dibawa ke acara pesta," imbuhnya.

Soal potongan harga  bagi yang ingin menjual emas , ia menyebut tergantung kondisi perhiasannya. Kalau baru dibeli paling dipotong Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Disinggung tingginya harga emas apakah mempengaruhi peminat yang akan menikah untuk membeli mahar? Dia menjelaskan, harga penjualan masih normal, seperti biasa. Bahkan ada yang sengaja memesan bentuk khusus sesuai keinginan.

"Masih tinggi omzet kita," ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUA Pusat Layanan Keagamaan Kayuagung, Dumiyati mengaku, meski harga perhiasan mahal sebagai mahar tidak mempengaruhi jumlah warga yang akan menikah. "Kalau saat ini rata-rata yang melakukan pernikahan mencapai 35 pasang," jelasnya.

BACA JUGA:Hasil Sementara Kejurnas Tenis Meja PB PTMSI: Jabar Tambah Koleksi Emas

Setiap Jumat, Sabtu, dan Ahad itu yang sering dilakukan akad nikah. Dengan jumlah penghulu dua orang termasuk kepala KUA yang bertugas.

Sumber: