Antisipasi Karhutla di OKI, Camat Cengal Cek Peralatan

Antisipasi Karhutla di OKI, Camat Cengal Cek Peralatan

--

Antisipasi Karhutla di OKI, Camat Cengal Cek Peralatan 

KAYUAGUNG, oganilir.co - Semua kecamatan di wilayah OKI dikukuhkan menjadi Komandan Api dalam mengantisipasi bencana karhutla 2024 ini. Termasuk Camat Cengal pasalnya masih banyak terdapat lahan gambut.

Camat Cengal, H Musa mengungkapkan, sebelumnya pihaknya bersama dengan Forum Koordinasi Kecamatan Cengal sudah 

melakukan apel siaga antisipasi Karhutla dan rapat koordinasi serta pengecekan peralatan untuk digunakan ke lapangan." Ini langkah awal agar antisipasi karhutla bisa berjalan baik,"terangnya Minggu 28 Juli 2024.

BACA JUGA:Kabut Masih Pekat, Pemkab OKI Perpanjang Status Tanggap Darurat Bencana Asap

Tak hanya itu imbauan pemasangan spanduk agar masyarakat tidak membakar lahan dari Polsek dan Koramil Cengal juga sudah dilakukan. Di setiap kesempatan ada. perkumpulan seperti masjid juga selalu imbauan ini selalu disampaikan kepada masyarakat.

Karena saat ini sudah masuk musim kemarau, OKI sebagai wilayah yang memiliki gambut terluas harus benar-benar dilakukan antisipasi sejak dini bagaimana agar gambut yang ada tidak terbakar.

Berkaca dari kejadian tahun sebelumnya gambut kalau terbakar sulit untuk dipadamkan. Antisipasi karhutla dan termasuk pemadamannya jika nantinya terjadi menjadi tanggung jawab semua.

BACA JUGA:Jembatan Runtuh India Jadi Bencana Besar Ketiga Asia Menewaskan Ratusan Orang dalam Satu Bulan

Pihaknya juga mengajak perusahaan, masyarakat Peduli Api untuk saling membantu." Mereka memiliki peralatan cukup dapat membantu melakukan antisipasi dan pemadaman nantinya,"harapnya.

Untuk saat ini di wilayah Cengal kondisi masih aman. Kondisi ini harus terus dijaga bersama khususnya masyarakat yang sudah mengetahui larangan membuka lahan dengan cara membakar pada musim kemarau ini dapat lebih patuh.

Sumber: