Hutama Karya Meraup Laba Bersih Semester I 2024 Rp 396 Miliar

Hutama Karya Meraup Laba Bersih Semester I 2024 Rp 396 Miliar

Foto Istimewa--

Hutama Karya Meraup Laba Bersih Semester I 2024 Rp 396 Miliar

OGANILIR.CO-JAKARTA-PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) Kembali meraih pencapaian positif dan  baru saja merilis Kinerja Keuangan Semester I Tahun 2024 dengan meraup laba bersih senilai Rp 396 Miliar .

“Pencapaian laba ini jauh lebih baik 10 kali lipat jika dibandingkan periode Semester I Tahun 2023 senilai Rp 33,73 Miliar,’’ungkap Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto.

Dikatakan Budi Harto, bahwa berdasarkan laporan keuangan unaudited, selain mencetak laba bersih pada Semester I 2024, Hutama Karya juga mencatatkan pertumbuhan aset perusahaan hingga konsistensi pada ketercapaian pendapatan. 

BACA JUGA:Hutama Karya Optimis Perkuat Konektivitas dan Dorong Ekonomi di Sumatera

Perusahaan membukukan pendapatan senilai Rp 12,4 Triliun, sementara total aset perusahaan sebesar Rp 188,8 Triliun atau mengalami kenaikan 28,79% (YoY). 

Dari sisi EBITDA, perusahaan membukukan realisasi sebesar Rp 1,7 Triliun, sementara ekuitas perusahaan meningkat signifikan.

“Posisi ekuitas hingga Semester I 2024 ini adalah Rp 135,6 Triliun dengan peningkatan 57,87% YoY atau sebesar Rp 49,7 Triliun. Peningkatan ekuitas ini diiringi dengan penurunan liabilitas perusahaan sebesar 12,40% YoY, yang kini mencapai Rp 53,2 Triliun,” ujar Budi.

BACA JUGA:PT Hutama Karya-PWI Ogan Ilir Jalin Kolaborasi Informasi Keselamatan Berkendara di Jalan Tol

Dijelaskan Budi Harto, kenaikan ekuitas yang signifikan ini dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, pada akhir tahun 2023, perusahaan berhasil kembali menerima Penyertaan Modal Negara (PMN) yang berkontribusi pada peningkatan ekuitas.

Kedua, raihan laba bersih yang berhasil dibukukan pada Semester I 2024, menunjukkan peningkatan signifikan dari periode yang sama di tahun 2023. 

Sementara penurunan liabilitas disebabkan oleh pelunasan pinjaman terkait Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) atas hasil dari asset recycling pada akhir Juni 2023 lalu.

BACA JUGA:UMKM di 15 Rest Area Jalan Tol, Kekuatan Ekonomi Baru Dilakukan Hutama Karya.

Keberhasilan Hutama Karya dalam meningkatkan ekuitas dan mengurangi liabilitasnya menunjukkan kinerja yang positif dan keberlanjutan perusahaan dalam mengelola keuangan dengan baik, mengurangi beban utang, dan meningkatkan kesehatan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Ini juga merupakan upaya perusahaan dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan serta kemampuannya dalam menghadapi tantangan ekonomi dan industri.

Sumber: