Bawaslu Prabumulih Kumpulkan Awak Media, Ada Apa?

Bawaslu Prabumulih Kumpulkan Awak Media, Ada Apa?

Afan Sira Oktrisma. foto: dian/SEG--

PRABUMULIH, oganilir.co - Puluhan awak media di kota Prabumulih berkumpul di room meeting Fave Hotel Prabumulih, Selasa 6 Agustus 2024.

Kedatangan mereka, tak lain untuk menghadiri kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pada Pilkada serentak 2024 di Kota Prabumulih yang digelar Bawaslu setempat.

Ketua Bawaslu Kota Prabumulih, Afan Sira Oktrisma didampingi anggota komisioner Bawaslu Lia Siska Indriani SPd dan Bery Andika SE mengatakan bahwa pihaknya sengaja melakukan sosialisasi dengan mengundang awak media di Kota Nanas.

"Harapan kami agar terjalin sinergitas dengan baik dengan awak media," kata Afan.

Selain itu, pihaknya juga melihat bahwa rekan-rekan media sebagai wartawan merupakan bagian dari masyarakat dan ikut andil dalam memantau dan melakukan pengawasan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Siap-Siap, Kejari OKI Segera Umumkan Tersangka Kasus Dana Hibah Bawaslu

"Selain itu rekan media adalah penyambung informasi kepada masyarakat. Selain menyajikan informasi perkembangan tahapan pilkada juga melakukan pengawasan kepada masyarakat," sebutnya.

Dalam tahapan Pilkada, sambung Afan. Pihaknya akan memantau dan mengawasi semua tahapan. Dimana belum lama ini, pihaknya melakukan pengawasan terhadap tahapan Coklit yang sudah dilakukan pleno di tingkat PPS dan lanjut di Kecamatan.

Apakah ada temuan di lapangan? Afan menyebutkan, jika ada temuan, maka pihaknya akan melakukan sinkronisasi data dimana biasanya terkait penambahan dan pengurangan. "Namun untuk orang yang sudah meninggal tetap ada di DPT, belum ditemui," bebernya.

Pihaknya berharap, melalui sosialisasi pengawasan ini mungkin yang tidak ditemui Bawaslu dapat dilaporkan oleh rekan-rekan media sehingga bisa dijadikan TMS (Tidak Memenuhi Syarat). 

BACA JUGA:Komisioner KPU-Bawaslu Muratara Terancam Dipecat

Disinggung ada informasi ke Bawaslu, Coklit yang tidak menempel stiker? Afan tak menampik hal itu. Namun, temuan itu sudah ditegaskan ke PKD dan sudah ditempel. "Temuan itu ada di salah satu kelurahan di kecamatan Prabumulih Timur tapi sudah disampaikan ke Pantarlih dan sudah ditindaklanjuti," tutupnya. 

Sumber: