Temuan Mortir di Ogan Ilir Ternyata Masih Aktif, Gegana Musnahkan Cara Diledakkan

Temuan Mortir di Ogan Ilir Ternyata Masih Aktif, Gegana Musnahkan Cara  Diledakkan

Tim Gegana Sat Brimob Polda Sumsel mengumpulkan mortir dan Proyektil sebelum dimusnahkan dengan cara diledakkan --

OGANILIR.CO-Penemuan sebanyak 14 mortir dan 4 Proyektil di jalan Lingkar Sarjana Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Senin malam, 12 Agustus 2024.

Ternyata masih aktif, ini setelah Tim Gegana Sat Brimob Polda Sumsel bersama  personel Polres Ogan Ilir dan Polsek Indralaya, melakukan pemusnahan dengan cara diledakkan, hasilnya memang meledak semuanya.

Pemusnahan berlangsung Selasa siang, 13 Agustus 2024, sekitar pukul 14.00 WIB,  di lokasi yang aman, yakni di Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin.

BACA JUGA:Nganggur, Suparman Curi Sepeda Motor

Seperti diketahui penemuan mortir tersebut terjadi pada awal pekan ini, saat warga yang tengah mancing ikan  secara tidak sengaja menemukan benda mencurigakan. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh pihak Polres Ogan Ilir , benda tersebut dipastikan sebagai mortir yang masih aktif dan berbahaya. kemudian pihak Polres Ogan Ilir melakukan kordinasi lebih lanjut dengan pengerahan Tim Gegana Sat Brimob Polda Sumsel yang memiliki keahlian khusus dalam menangani bahan peledak.

Langkah ini diambil untuk meminimalkan risiko terhadap penduduk dan lingkungan sekitar. 

Dalam kegiatan ini, sebanyak 18 buah mortir berhasil dimusnahkan, yang terdiri dari 14 buah mortir dan 4 buah proyektil. Seluruh proses dilakukan dengan hati-hati dan sesuai prosedur standar operasi, memastikan bahwa tidak ada insiden yang terjadi selama proses peledakan.

BACA JUGA:Atlet-Pelatih Peraih Medali Olimpiade Paris 2024 Dapat Bonus dari Pemerintah, ini Besarannya

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo, SIK, yang memimpin koordinasi kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh personel yang terlibat. 

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti nyata kesiapan dan profesionalisme tim dalam menghadapi situasi berbahaya yang mengancam keselamatan masyarakat. "Keamanan dan keselamatan masyarakat adalah prioritas utama Kami, dan Kami akan terus bekerja keras untuk memastikan wilayah ini tetap aman," ujar Kapolres Ogan Ilir.

Dengan berakhirnya  pemusnahan ini, situasi di Kelurahan Timbangan dan sekitarnya kini dinyatakan aman dan terkendali. 

BACA JUGA:Kapolres Ogan Ilir Tinjau Sistem Pelayanan dan Penerbitan SIM

Aparat keamanan setempat terus mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan benda mencurigakan lainnya. Selain itu, patroli dan pengawasan di wilayah rawan akan terus ditingkatkan untuk mencegah ancaman serupa di masa mendatang.

Kegiatan ini tidak hanya berhasil menghilangkan ancaman yang ada bagi masyarakat tetapi juga menegaskan komitmen Polri, khususnya Tim Gegana Sat Brimob Polda Sumsel dan Polres Ogan Ilir, dalam menjaga keamanan serta memberikan rasa aman bagi seluruh warga  masyarakat di wilayah Ogan Ilir. (Sid)

Sumber: