Bupati Panca : Tumbuh Kembang Anak Tergantung Lingkungan

Bupati Panca : Tumbuh Kembang Anak Tergantung Lingkungan

Bupati Panca tengah menyampaikan sambutan dan arahan pada acara HARGANAS--

OGANILIR.CO- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan, tumbuh kembang anak yang optimal tentu dipengaruhi oleh lingkungan yang aman, sehat, dan akses pendukung lainnya 

“Selain lingkungan mempengaruhi tumubuh kembang anak juga  termasuk akses pendidikan yang berkualitas, perawatan kesehatan, sertalingkungan sosial yang positif dan bebas dari kekerasan atau diskriminasi,’’kata Bupati Panca.

Pernyataan Bupati Panca disampaikannya pada acara membuka Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke- 31 dan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke- 40 Tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2024, digedung Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya, Rabu 21 Agustus 2024.

BACA JUGA:Panca- Ardani Kantongi SK Dukungan PPP dan PKS

Dikatakan Bupati Panca, Hari Keluarga Nasional (HAN)  merupakan momentum penting untuk memperkuat peran keluarga dalam membentuk karakter anak-anak, sebagai generasi penerus bangsa serta untuk mengingatkan akan peran sentral keluarga dalam membentuk karakter, moral, dan nilai-nilai sosial pada anak-anak.

“Anak-anak adalah masa depan kita, mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak, asupan gizi yang mencukupi, serta lingkungan yang mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal,’’ujar Bupati Panca.

Lebih lanjut Bupati Panca sempat menyinggung, bahwa Forum Anak yang terbentuk dan dikukuhkan diharapkan bukan hanya acara seremonial tanpa makna. 

BACA JUGA:Bupati Panca Meraih Penghargaan Lencana Melati

“Forum Anak diharapkan menyebarkan informasi tentang pentingnya gizi yang baik dan kesehatan bagi pertumbuhan anak-anak,’’pintanya .

Untuk itu, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya asupan gizi yang seimbang, Forum Anak membantu dalam upaya pencegahan stunting.

Sementara dalam acara tersebut, juga dilaksanakan Wisuda Sekolah Lansia Tangguh Nurul Persada Indralaya, Standar 1 (S.1), merupakan Wisuda Perdana dan nantinya akan disusul oleh Sekolah Lansia dari 15 Kecamatan lainnya, Pengukuhan Forum Anak Kabupaten Ogan Ilir serta meninjau Pelaksanaan ‘Gelar Dagang UPPKA’ dari 16 Kecamatan Se- Kabupaten Ogan Ilir yang telah mendapatkan bantuan Dana Insentif Daerah pada Tahun 2023 yang lalu.

BACA JUGA:Kepala Daerah se-Indonesia Kumpul di IKN, Bupati Panca Diberi Arahan Presiden RI, Ini Pesannya ?

Acara dihadiri  Forkopimda Ogan Ilir, Asisten Sekda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati dan Kepala Dinas DPPPAPPKB Husnidayati SSos MSi (Sid)

 

Sumber: