Kepala Badan Pangan Nasional Melaunching Program Genius 2024 di OKI

Kepala Badan Pangan Nasional Melaunching Program Genius 2024 di OKI

Arief Prasetyo melaunching Program Genius 2024. --

KAYUAGUNG, oganilir.co - Badan Pangan Nasional melaunching Program Genius 2024 dan Setop Boros Pangan. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Olahraga Biduk Kajang yang dihadiri ratusan siswa Sekolah Dasar dari tiga sekolah di tiga kecamatan.

Dalam kesempatan ini mereka juga diberikan kudapan yang lengkap untuk disantap bersama agar anak mendapatkan gizi yang cukup.

Kepala Badan Pangan Nasional H Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, program ini diinisiasi Badan Pangan Nasional, khususnya di Deputi Kerawanan Pangan sehingga bisa disampaikan secara masif baik orang tua guru bagaimana pola makan sehat. Perlu diketahui makanan yang sehat itu kalau dalam satu piring biasanya sepertiga adalah karbohidrat.

"Karbohidrat itu bisa dari nasi, singkong, gandum dan talas," kata Arief Prasetyo.

Kemudian sepertiganya sayur mayur dan seperenamnya itu dari lauk pauk. Lauk sumber protein dari hewani seperti ikan, ayam, daging, susu, telur, dan lainnya. terakhir pauk adalah protein yang bersumber dari nabati. "Nah seperenamnya lagi buah-buahan," ujarnya.

BACA JUGA:Calon Bupati OKI Muchendi Gelar Lomba Gaple di Kayuagung

Ditambahkannya, dalam kesempatan ini pihaknya juga mengkampayekan Setop Boros Pangan. Sebelumnya ia menghadiri rapat di Roma, Forum bersama FAO. "Di situ saya jelaskan yang ditimbulkan disitu sebesar 31 persen.

"Kehilangan atau boros pangan setelah pasca panen itu 14 persen, saat di meja makan, 17 persen. Jadi totalnya 31 persen ini senilai sampai dengan Rp550 triliun," bebernya.

Sehingga bagi kita semua selain saat ini meningkatkan produksi pangan nasional disisi lain kita juga harus melakukan kampanye stop pangan, sehingga makanannya tidak tersisa.

Ia juga menyampaikan ini kepada Pj Gubernur Sumsel dan Pj Bupati OKI ada cara lain dimana harusnya ada potensi pangan yang akan terbuang untuk didistribusikan kepada yang membutuhkan. Tapi harus ada yang menjemput dan mengkoordinasikan termasuk retail rumah makan dan  pangannya itu jangan sampai terbuang tapi bisa di distribusikan untuk yang membutuhkan.

BACA JUGA:Sisa Bara Api Bekas Memanggang Kemplang Hanguskan Rumah Warga di OKI

Sementara itu, Pj Bupati OKI Ir Asmar Wijaya mengungkapkan, Gerakan Genius memberikan edukasi dan memastikan anak mendapatkan gizi yang tepat menuju Generasi Emas 2045.

"Maka dari itu, ia sangat mengapresiasi dan mendukung penuh Program Genius 2024 sebagai program langkah nyata untuk mewujudkan generasi emas kepada siswa yang ada di OKI," tandasnya.

Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi memberikan apresiasi setinggi-tingginya dimana Badan Pangan Nasional telah  memberikan kepercayaan Sumsel untuk  melaunching Program Genius 2024.

Sumber: