Tanah Longsor Diikui Rumah Roboh Desa Ketapang I, Ogan Ilir

Tanah Longsor Diikui Rumah Roboh Desa Ketapang I, Ogan Ilir

Tanah Longsor di Desa Ketapang I Ogan Ilir --

OGANILIR.CO-Sebuah rumah panggung di Dusun I, Desa Ketapang I, Kecamatan Rantau Panjang, Kabupaten Ogan Ilir, roboh dan nyaris terjun kesungai Ogan Ilir, lantaran tanahnya longsor .

Musibah  rumah warga longsor ini terjadi  di pinggiran aliran Sungai Ogan, pada Jumat, 30 Agustus 2024, sekitar pukul 13.00 WIB. Area yang terdampak longsor memiliki dimensi sekitar 10 x 100 meter, diduga akibat terkikisnya tanah di sisi aliran sungai.

Adanya informasi rumah warga roboh akibat longsor, pihak  Polsek Tanjung Raja bersama TNI dan BPBD langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan memastikan situasi.

BACA JUGA:Menambang Emas di Jambi, 5 Warga Sumsel Tertimbun Longsor

Kapolsek Tanjung Raja, AKP Zahirin , terlihat langsung memimpin, melakukan pengecekan kelokasi  dan menyatakan bahwa titik longsor semakin mengkhawatirkan karena hanya berjarak sekitar 50 cm dari jalan penghubung antar desa dan kecamatan.

“Jika kondisi tanah yang longsor tersebut tidak segera ditangani, bisa mengancam putusnya akses jalan yang dilalui  warga sekitarnya,’’katanya .

Kepala Desa Ketapang I, Musaddat, menjelaskan bahwa tanda-tanda awal longsor sudah terpantau sejak akhir Juli 2024, namun kondisinya belum separah sekarang. Pemerintah Desa telah memantau perkembangan situasi ini, namun longsor yang terjadi saat ini telah menimbulkan ancaman serius bagi infrastruktur dan keselamatan warga.

BACA JUGA:Longsor di Papua Nugini, Ratusan Warga Terkubur-Rumah tak Tersisa

Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan lain selain rumah warga yang roboh. Namun, warga yang terdampak belum menerima bantuan baik dalam bentuk bahan makanan maupun material bangunan.

Polsek Tanjung Raja dan unsur terkait lainnya kini berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menyusun langkah penanganan yang cepat dan efektif. 

Kapolsek AKP ZAHIRIN menginstruksikan Kepala Desa Ketapang I untuk segera melaporkan kejadian ini ke tingkat kecamatan dan kabupaten agar bantuan dapat segera disalurkan.

BACA JUGA:Di Ogan Ilir…Rumah Nenek Najibah Di Bibir Longsor

“Kami akan terus memantau situasi ini dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan langkah pencegahan dan penanganan segera dilakukan, demi menghindari kerusakan lebih lanjut,” ujar AKP Zahirin.

Peristiwa ini menjadi pengingat akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana alam, khususnya di daerah yang rawan longsor seperti Desa Ketapang I. 

Sumber: