Pemkab Ogan Ilir Raih Penghargaan Hub Award Kabupaten Terbaik Tahun 2024

Pemkab  Ogan Ilir Raih Penghargaan Hub Award Kabupaten Terbaik Tahun 2024

Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah mewakili Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menerima penghargaan dari Kementerian Perhubungan --

OGANILIR.CO-Sebuah penghargaan dinobatkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, meraih Penghargaan Hub Award Kabupaten Terbaik Tahun 2024.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI) sebagai Nominator Sistem Transportasi Berkelanjutan kategori Kabupaten Sedang.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI  Budi Karya Sumadi langsung menyerahkan penghargaan tersebut Kepada  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten. Ogan Ilir H Muhsin Abdullah mewakili Bupati Kabupaten Ogan Ilir dalam rangkaian acara Peringatan Hari Perhubungan Nasional pada kegiatan Hub Space,  berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 6 September 2024.

BACA JUGA:54 Kafilah MTQ Sumsel Lolos Registrasi dan Siap Tampil Maksimal

Hub Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan RI kepada Pemerintah Kabupaten atas komitmen dan kontribusi dalam mendukung kemajuan transportasi dan pembangunan konektivitas di Indonesia.

Pemenang Hub Awards terbagi menjadi 2 kategori, yakni Inovasi Integrasi Antar- moda Transportasi serta Sistem Transportasi Berkelanjutan. Masing-masing dikelompokkan lagi menjadi Kabupaten Kecil, Kabupaten Sedang, Kabupaten Besar, dan Kabupaten Raya.

Proses penilaian untuk Hub Award ini melibatkan beberapa tahapan seleksi yang ketat, termasuk sesi presentasi yang dilaksanakan pada Rabu, 4 September 2024. Dalam sesi tersebut, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Perhubungan memaparkan berbagai upaya yang telah dilakukan untuk memajukan sistem transportasi yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Indonesia Tempatkan 3 Wakil di Final Taipei Open 2024, Pastikan 1 Gelar

Salah satu program yang menjadi sorotan adalah Trans Senai.

"Trans Senai adalah layanan bus shuttle gratis yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sebagai bagian dari strategi untuk menyediakan transportasi umum yang ramah lingkungan dan mudah diakses oleh masyarakat. Layanan ini mencakup rute-rute penting di Kabupaten Ogan Ilir, termasuk Kantor Terpadu Tanjung Senai, Rumah Sakit Daerah, Pasar Indralaya, sekolah-sekolah, dan pusat-pusat perbelanjaan"jelas  Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah.

Meskipun saat ini Trans Senai baru memiliki satu armada, layanan ini telah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat karena efisiensi dan kemudahannya.

BACA JUGA:Tiga Pelaku Pembunuhan dan Rudapaksa Tidak di Tahan,.. Memangnya Kenapa !

Pencapaian ini tidak hanya merupakan hasil dari kerja keras Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, tetapi juga dari dukungan masyarakat yang berperan aktif dalam memanfaatkan dan mendukung setiap program transportasi yang telah diluncurkan.

"Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten Ogan Ilir untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas transportasi publik, serta memperkuat posisinya sebagai pelopor dalam pembangunan transportasi berkelanjutan di Indonesia" tukasnya.

Turut hadir mendampingi Sekda Ogan Ilir  H.Muhsin, ST., MM., MT, Kadinas PUPR H. Ruslan, ST., MM., MT,  dari Plt Kadis Dishub Erwin Sani  SSos,  M. Yusrizal dan  Fitri Yanto, S.IP (Sid)

Sumber: