Gaharu Aga, Teh Produk Muba Siap Bersaing

Gaharu Aga, Teh Produk Muba Siap Bersaing

Maria Gustina dengan produk Teh Gaharu Aga. --

SEKAYU, oganilir.co - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ke-68, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba mengundang seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memasarkan produk unggulannya.

Di era modern ini, promosi melalui podcast di Radio Gema Randik menjadi salah satu cara efektif bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka. Podcast yang dipandu oleh host ternama, Febie Alfina, menghadirkan Maria Gustina Lestari, owner Teh Gaharu Aga, pada Senin, 9 September 2024.

Tentang Teh Gaharu Aga

Teh Gaharu Aga berasal dari tanaman Gaharu yang banyak ditemukan di Desa Tebing Bulang, Kecamatan Sungai Keruh. Maria menyampaikan bahwa khasiat dari teh ini sangat baik untuk kesehatan.

"Dalam proses pembuatan Teh Gaharu Aga dilakukan secara alami dan tanpa bahan kimia," kata Maria.

Teh Gaharu Aga memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan teh lainnya, dengan harga Rp10 ribu untuk kemasan kotak berisi 10 kantung teh. 

UMKM ini telah berdiri sejak tahun 2021, dengan pemasaran yang masih dilakukan secara online akibat keterbatasan modal untuk produksi. Namun, Teh Gaharu Aga sudah memberdayakan masyarakat sekitar sebagai pemetik daun gaharu serta terlibat dalam proses pembuatan dan pengemasan.

Maria berharap, ke depan, Teh Gaharu Aga dapat dijadikan sajian dalam acara pemerintahan sebagai pengganti minuman kemasan yang digunakan saat ini, karena lebih alami dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga AP, menekankan komitmennya untuk terus memajukan UMKM dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ia menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan daya saing produk lokal.

"Selama bulan September 2024 ini, kami akan mempercepat promosi produk lokal Muba agar lebih dikenal. Dengan promosi gratis ini, kami harap produk unggulan UMKM Muba dapat dikenal hingga tingkat nasional," pungkasnya.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Dinkominfo Muba bertekad untuk membawa UMKM ke level yang lebih tinggi, menjadikan produk lokal semakin dikenal dan diminati. Ayo, para pelaku UMKM, manfaatkan kesempatan berharga ini.

Sumber: