KPU Sumsel Curi Start Tahapan Pilkada

KPU Sumsel Curi Start Tahapan Pilkada

Komisioner KPU Sumsel bersama narasumber dan awak media yang mengikuti media gathering, Jumat 20 September 2024. foto: dendi romi/oganilir.co--

PALEMBANG, oganilir.co - KPU Sumsel menggelar media gathering dengan mengundang 56 jurnalis di Palembang di aula Kalpataru Resto & Cafe Palembang, Jumat 20 September 2024 pukul 15.00 WIB. Media gathering dibuka oleh Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya mengatakan bahwa tahapan pilkada di Sumsel telah berjalan. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, dan dalam waktu dekat atau beberapa hari lagi akan memasuki tahapan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

"Tanggal 22 September, kita akan menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur," kata Andika Pranata. 

Sebagai penyelenggara pemilu, lanjut Andika, pihaknya memberi kesempatan dan kemudahan kepada awak media untuk mengutip tahapan atau kegiatan KPU Sumsel melalui Instagram KPU Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Gelar Media Gathering, KPU Sumsel Perkuat Sinergitas Bersama Media Dalam Sukseskan Pemilihan Serentak 2024

"Jika teman-teman tidak sempat melakukan wawancara dengan kita selaku komisioner KPU Sumsel, bisa mengutip kegiatan atau tahapan Pilkada di Sumsel melalui Instagram KPU Provinsi Sumsel. Bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.  

KPU Sumsel, tambah Andika, pada 22 September 2024 selain menetapkan calon gubernur dan calon wakil gubernur, juga akan melakukan deklarasi damai yang diikuti pasangan calon kepala daerah. "Pasangan calon kepala daerah yang ditetapkan wajib menandatangani deklarasi damai," tukasnya.  

Diakuinya, KPU Sumsel saat ini sudah mencuri start tahapan pilkada. Dimana KPU provinsi lain di Indonesia sedang menyiapkan tahapan penetapan dan deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, KPU Sumsel saat ini sedang menyiapkan logistik. Mencuri start yang dilakukan KPU Sumsel, bukan berarti tindakan negatif, tetapi menyiapkan logistik untuk mempercepat pendistribusian.

BACA JUGA:Letak Geografis Jauh, KPU OKI Tambah TPS

"Kalau boleh dibilang, persiapan pilkada serentak 2024 ini adalah yang tersingkat dalam sejarah pilkada dan pemilu sejak reformasi 1998," pungkasnya.

Sumber: