4 Minuman Alami Penurun Gula Darah yang Mudah Dibuat

4 Minuman Alami Penurun Gula Darah yang Mudah Dibuat

4 minuman alami penurun gula darah--

oganilir.co - Gula darah, atau glukosa darah, adalah jumlah glukosa yang ada dalam darah dan merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Gula darah berasal dari makanan yang dikonsumsi, di mana tubuh memecah sebagian besar makanan menjadi glukosa dan melepaskannya ke dalam aliran darah. 

Gula darah penting karena dapat dengan cepat diubah menjadi energi, terutama untuk otak dan saraf yang membutuhkan pasokan yang konstan. 

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

Ada 4 minuman alami yang dapat menurunkan gula darah, mudah dibuat di rumah:

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Kanker

1. Air lemon hangat dengan kayu manis 

Campuran air hangat dengan perasan lemon dan sedikit kayu manis merupakan salah satu minuman sederhana yang dapat membantu mengontrol gula darah.

Kayu manis dikenal dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu tubuh menggunakan gula darah lebih efisien. Minum segelas air lemon hangat dengan tambahan sejumput kayu manis setiap pagi sebelum sarapan bisa menjadi rutinitas yang baik untuk kesehatan.

2. Teh hijau 

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan dan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengonsumsi teh hijau secara rutin tanpa tambahan gula bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. 

3. Jus bit 

Jus bit merupakan minuman yang kaya akan betasianin, pigmen merah yang telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

4. Jus pare 

Sumber: