3 Wakil Indonesia Bertarung Berebut Tiket Final Denmark Open 2024, Ada Putri KW dan FajRi

3 Wakil Indonesia Bertarung Berebut Tiket Final Denmark Open 2024, Ada Putri KW dan FajRi

Fajri. foto: Tim Media Humas PBSI--

ODENSE, oganilir.co - Indonesia berhasil menempatkan tiga wakilnya di semifinal Denmark Open 2024 yang akan dihelat hari ini Sabtu 19 Oktober 2024. Mereka adalah dua tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani, serta ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Putri KW, -panggilan Putri Kusuma Wardani- dijadwalkan bertanding pada partai pertama, pukul 09.00 waktu setempat atau 14.00 WIB di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark. Dia akan menghadapi lawan tangguh Wang Zhi Yi, pemain Cina ranking tiga dunia yang jadi unggulan kedua di turnamen bulu tangkis BWF Super 750 ini. 

Pertandingan di semifinal Denmark Open 2024 ini akan menjadi pertemuan pertama Putri dengan Wang Zhi Yi setelah dua kali berhadapan dengannya di level junior pada 2018. Kala itu, dia selalu kalah dua game menghadapi pemain China tersebut. 

BACA JUGA:Indonesia Sisakan 4 Wakil di Perempat Final Denmark Open 2024, ini Jadwalnya

Secara ranking, Putri berada jauh di bawah Wang, di urutan ke-26 dunia. Namun, penampilannya di Denmark Open 2024 ini cukup menjanjikan. Dia mengawali kiprahnya dengan menyingkirkan pemain unggulan keenam, Aya Ohori dari Jepang lewat dua game langsung. Kemudian, dia menyingkirkan Yeo Jia Min dari Singapura lewat perlawanannya yang ngotot melalui tiga game, setelah lebih dulu mengkandaskan Sung Shuo Yun dari Taiwan. 

Menjelang laga semifinal, Putri tak mau gentar meski lawan yang dihadapi adalah pemain kuat China. Ia pun bertekad akan tampil fokus dan tanpa beban. 

"Untuk besok menghadapi Wang Zhi Yi, lawan yang tentu tidak mudah juga, namun saya akan membekali pikiran saya dengan bermain fokus, tanpa beban, dan semoga hasilnya lebih baik lagi dari sebelumnya," kata dia setelah memastikan lolos semifinal, seperti dikutip dari keterangan yang dibagikan tim media PBSI, Sabtu dinihari WIB.

BACA JUGA:2 Gugur, Indonesia Tempatkan 7 Wakil di Babak 16 Besar Denmark Open 2024, Siapa Mereka?

Berikutnya, Gregoria Mariska Tunjung akan berduel dengan pemain terbaik Korea Selatan, An Se Young, yang kini menduduki ranking dua dunia dan menjadi unggulan pertama di turnamen ini. Jorji, biasa disapa, sudah delapan kali menghadapi mantan pemain nomor satu dunia itu dan belum pernah menang sekali pun.

Terakhir, mereka berhadapan di semifinal Olimpiade Paris 2024, Agustus lalu. Dalam laga itu, duel sengit terjadi selama 1 jam 1 menit dan pertandingan berakhir dengan skor 11-21, 21-13, 21-16. 

"Pastinya dia akan menjadi lawan yang cukup berat buat saya, namun saya ingin mencoba yang terbaik buat besok, ingin menikmati permainan dengan semangat juang yang tinggi, dan semoga hasilnya lebih baik," ucapnya mengenai laga melawan An Se Young. 

BACA JUGA:Jadwal Wakil Indonesia di Babak Kedua Denmark Open 2024, Ginting cs Beraksi

Wakil ketiga Indonesia, Fajar/Rian akan bertarung melawan wakil dari tuan rumah, Kim Astrup/ Anders Skaarup Rasmussen. Meski lawannya unggul secara ranking, peringkat tiga dunia, tiga tingkat di atasnya, pasangan yang sering disebut "Fajri" mampu mengalahkan mereka di dua pertemuan terakhir. Itu menjadi modal penting walaupun secara rekor pertemuan masih kalah 3-4. 

Jadwal lengkap semifinal Denmark Open 2024 di Jyske Bank Arena, Odense, hari ini, Sabtu, 19 Oktober, mulai 14.00 WIB.

Sumber: