Tol Kapal Betung Tahap II Segera Beroperasi, Sambungkan 3 Wilayah, Kayuagung, Palembang dan Banyuasin

Tol Kapal Betung Tahap II Segera Beroperasi, Sambungkan 3 Wilayah, Kayuagung, Palembang dan Banyuasin

--

OGANILIR.CO - Usaha pemerintah mengebut konstruksi Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) tahap II patut diacungi jempol.

Pasalnya ruas ini diharapkan dapat selesai pada pertengahan tahun 2023.

Nantinya ruas tol ini akan menyambung dengan Jalan Tol tahap berikutnya yakni ruas Betung-Tempino Propinsi Jambi.

Pemerintah sendiri menargetkan ruas tol Palembang – Jambi bisa kelar pada 2024 atau sebelum masa pemerintahan Jokowi periode kedua berakhir.

BACA JUGA:Pembangunan Tol Padang Masih Mangkrak, Perantau Minang Terbantu Jalan Tol Trans Sumatera

Ruas tol Kapal Betung sendiri yang memiliki total panjang 111,69 Km menyambungkan wilayah Kayu Agung, Palembang, hingga Betung (Banyuasin) di Sumatera Selatan dan merupakan bagian tol Trans Sumatera. Hingga Oktober 2022.

Pembangunan ruas tol Kapal Betung dibagi dalam dua tahap konstruksi, di mana pada Tahap I (KayuAgung-Kramasan) telah beroperasi sepanjang 42,5 kilometer sejak 1 April 2020.

Sedangkan Tahap II (Kramasan – Betung) sepanjang 69,19 Km sedang dalam tahap konstruksi dan diharapkan rampung pada pertengahan tahun 2023.

Direktur Utama WST Herwidiakto berharap proses pembangunan ruas Kapal Betung Tahap II dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Tol Indralaya - Prabumulih Segera Beroperasi, Seksi Prabumulih-Muaraenim Terancam Mangkrak

“Kelanjutan pembangunan ruas Kapal Betung Tahap II ini merupakan salah satu komitmen WST dan Pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pemenuhan kebutuhan jalan tol, khususnya jalan tol Trans Sumatera,” jelas Herwidiakto.

WST berharap konstruksi ini dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan dan kendala, sehingga nantinya ruas Kapal Betung dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

Sebelumnya, pada 13 Agustus 2021, WST telah menandatangani Perjanjian Pembangunan Ruas Palembang-Betung Tahap II STA 42+500 – STA 111+690 (Ruas Kramasan-Betung).

Sementara itu, Direktur Utama PT Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto menambahkan adanya bila ruas Kapal Betung rampung, maka banyak manfaat yang bisa didapatkan.

BACA JUGA:Jalan Tol Palembang Jambi Jadi Prioritas Pemerintah, Target Selesai 2024, Palembang Jambi Hanya 3 Jam

“Ruas Kramasan – Betung nantinya akan menyambungkan beberapa kabupaten di Sumatera Selatan, di antaranya Ogan Ilir, Kodya Palembang, dan Banyuasin,” jelasnya.

Septiawan mengatakan ketika telah beroperasi seluruhnya, ruas Kapal Betung akan menambah efisiensi angkutan barang, meningkatkan mobilitas penduduk maupun wisatawan yang berkunjung, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Upaya pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol trans sumatera sangat terlihat jelas.

Ruas ruas Tol baru sudah banyak dioprsionalkan sejal 2017 hingga 2022 ini.

BACA JUGA:Gerbang Tol Palembang. Pusat Hub Jalan Tol Lintas Timur dan Lintas Tengah Sumatera

Upaya mengejar ketertinggalan dalam pembangunan infrastruktur di kawasan asia tenggara, dilakukan pemerintah dibawah komando Jokowi di dua periode kepemimpinannya.

Tahun 2023 ini , pemerintah fokus menyeselesaikan jalur tol Palembang Jambi yang menjadi jalir tol lintas timur Sumatera.

Progres pembangunan sendiri saat ini pada seksi Palembang -Betung (Kapal Betung) yang sudah daam proses konstruksi dengan progres 76%.

Sementara untuk seksi Betung -Tempino Jambi, pemerintah fokus pada pembebasan lahan

BACA JUGA:Sejarah Tol Pulau Sumatera, Berawal Dari Kota Palembang , Kini Dibangun di 6 Propinsi

Sumber: