700 Personil Siap Memantau dan Mengantisipasi Karhutla di Ogan Ilir

700 Personil Siap Memantau dan Mengantisipasi Karhutla di Ogan Ilir

Bupati Panca mengecek kendaraan dan logistik mengahdapi Karhutla tahun 2023--

OGAN ILIR, OGANILIR.CO- Meski saat ini masih musim penghujan, bahkan dalam beberapa hari terakhir ini, nyaris matahari tidak terlihat di Bumi Caram Seguguk Kabupaten Ogan Ilir, karena diselimuti awan mendung.

Namun pelaksanaan  apel gerakan pasukan menghadapiu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Ogan Ilir, tetap dilaksanakan  di halaman Mapolres Ogan Ilir, Kamis 26 Januari 2023.

Bertindak sebagai pemimpin upacara langsung oleh Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman, dihadiri Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar , Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah, Kepala BPBD Pemkab Ogan Ilir Edy Rahmat.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman mengatakan, dalam menghadapi Karhutla diwilayah Ogan Ilir Tahun 2023 ini, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 700 personil gabungan yang melibatkan  unsru Polri, TNI, BPBD, Manggala Agni, Damkar, dan tim penduli api yang sudah terbentuk disetiap desa.

BACA JUGA:Wakapolres Ogan Ilir , Cek Kesiapan Sarana Hadapi Karhutla Tahun 2023

BACA JUGA:Dramatis Aksi Petugas Pemadam Kebakaran Evakuasi 2 Ekor Kambing yang Terjerembab Masuk Sumur di Kota Bogor

“Sebanyak 700 personil ini sudah kita siap jauh-jauh hari untuk melaksanakan tugasnya dalam mengantisipasi dan mengatasi Karhutla tahun 2023 ini,’’katanya.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar mengatakan,  bahwa Karhutla ini sudah menjadi agenda tahunan ,’’Kita berharap dengan dilaksanakan apel ini,  tentu dapat meningkatkan sinergitas dari setiap lapisan masyarakat baik itu TNI Polri, pemerintah daerah, instansi vertikal dan lapisan masyarakat lainnya, untuk bahu-membahu mencegah terjadinya Karhutla,’’katanya 

Dikatakan Bupati Panca, Ogan Ilir yang berbatasan dengan langsung dengan Kota Palembang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumsel,  selama ini menjadi sorotan sebagai penyumbang asap dari Karhutla, padahal Karhutla tidak hanya terjadi di Ogan Ilir , melainkan di Kabupaten dan Kota lainnya, bahkan titik hot spot terkadang lebih banyak daerah lain , ketimbang Ogan Ilir.

“Makanya kita laksanakan apel gelar Pasukan Karhutla dilakukan lebih awal, ini sebagai bentuk langkah mendeteksi dini upaya penanggulangannya, kalau ada ada kecil, segera padamkan,’’pintanya.

BACA JUGA:Pasar Cinde Kebakaran, Pedagang Buru-buru Selamatkan Barang, Ada yang Terpaku Lihat Lapak Ludes Terbakar

BACA JUGA:Saat Kebakaran Gedung PLN UIW S2JB, Karyawan Sudah Pulang Hanya Ada Beberapa yang Lembur

Bupati Panca mengatakan, hasil data laporan yang diterima, ada sekitar 24 Desa yang  rawan adanya  titik hotspot Karhutlah ,’’Desa ini akan menjadi prioritas pengawasan dengan tidak mengenyampingkan desa lainnya ,’’tuturnya.

Bupati Panca juga mengingatkan kepada pihak perusahaan , seperti PTPN VII untuk tidak melakukan panen tebu disaat musim kemarau, karena sisa daun tebu yang kering , sangat rentan terjadi kebakaran.

Usai melaksanakan apel, Bupati Panca dan Kapolres Andi Baso, Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah, dan unsru lainnya, langsung meninjau peralatan logistic  untuk persiapan penghadapi Karhutla.(sid)

Sumber: