Tips Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Mengendarai Mobil

Tips Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Mengendarai Mobil

Pemudik--

OGANILIR.CO- Sebentar lagi tradisi masyarakat Indonesia akan melaksakan pulang kampung halaman, dengan menggelar mudik lebaran 1444 Hijriah.

Tradisi pemudik ini sudah lama berlangsung, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Nah bagi yang membawa kendaraan sendiri, tentu harus berhati-hati , dikala ketika tengah membawa kendaraan, tiba-tiba muncul rasa kantuk yang berat. Bila dipaksakan, resiko kecelakaan akan mengintai.

Berikut tips cara menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi, dikutip dari  berbagai sumber termasuk keterangan Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro.

 

1. Tidur Cukup Sebelum Mengemudi

Kurangnya waktu tidur ketika akan membawa kendaraan sangat rentan terjadi yang tidak diinginkan, untuk itu sebelum melanjutkan untuk membawa kendaraan, pengemudi di pastikan tidur yang cukup sebelum membawa kendaraan , terutama jika ingin menempuh jarak yang jauh untuk Mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA:Sebentar Lagi Lebaran, Ini 9 Tips Mudik Asyik Dengan Kendaraan Pribadi

BACA JUGA:Tips Puasa Sehat, Makan Sahur dan Buka Jangan Berlebihan

 

2. Mendengarkan Musik Up-Beat

Musik dengan irama dan ketukan yang kencang sering kali membuat suasana menjadi lebih ceria dan bahkan menjadikan kita lebih bersemangat, musiknya tentu disesuai dengan selera pengendara, apakah musik Pop, Jaz, Dangdut, dan lainnya

Sehingga Jenis musik ini juga dapat membantu pengemudi mencegah rasa kantuk saat berkendara. Apalagi kalau pengemudi tahu liriknya, sehingga bisa bernyanyi selama perjalanan.

 

3. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Sering kali kondisi tubuh pengemudi memicu makanan dan minuman yang dikonsumsi. anjuran untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dan tidak makan dengan porsi yang terlalu besar sebelum melakukan perjalanan agar terhindar dari rasa kantuk.

BACA JUGA:Tips Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

Atau pengemudi bisa mengkonsumsi permen dengan rasa kopi , yang mampu bisa membuat mata kembali terang, tapi ini sifatnya sementara, dan tidak boleh mengkonsumsi permen berlebihan, yang paling baik, istirahatlah sebentar.

 

4. Hindari Mengemudi Sendirian

Jika ada keluarga atau teman di dalam mobil, ajaklah mereka berbincang-bincang mengenai hal-hal yang santai. Dengan begitu, rasa kantuk saat mengemudi Mudik Lebaran 2023 akan mengurangi sudut pandang.

BACA JUGA:Sudahkah Anda Makan Hari Ini? Berikut Tips Makan Sehat Hindari Obesitas

 

5. Menepi Sesaat

Jika rasa kantuk saat mengemudi dalam perjalanan Mudik Lebaran 2023 sudah tidak tertahan, ada baiknya pengemudi menepi sejenak untuk sekadar beristirahat sebentar. Selain dapat membantu mengembalikan tenaga dan fokus pengemudi, istirahat juga dapat menghindarkan dari kejadian fatal selama perjalanan Mudik Lebaran 2023.

Seperti disampaikan Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, bila mengendarai ruas jalan tol, tiba-tiba mengantuk, sebaiknya berhenti di rest area yang telah disiapkan.

“Diruas Jalan Tol , antara rest area satu dengan rest area lainnya  jaraknya berkisar 30 hingga 40 Km, jadi silakan beristirah direst area bila kantuk datang,’’pintanya.

Koentjoro mengingatkan kepada semua pengemudi yang melintas di rest area, untuk tidak menghentikan kendaraannya dibahu jalan,’’Dan kalau terpaksa boleh karena bila rasa kantuk muncul sementara rest area masih jauh, silakan menepi dibahu jalan sambil menghidupkan lampu Hazard atau biasa disebut lampu tanda darurat,  dengan catatan tapi tidak boleh lama, lakukan cuci muka’’sarannya (sid)

Sumber: