Bersihkan Sumur, Jumadi Tewas Hirup Gas Beracun

Bersihkan Sumur, Jumadi Tewas Hirup Gas Beracun

Tim SAR dan gabungan berhasil mengevakuasi Jumadi yang tewas karena menghirup gas beracun dari dalam sumur milik Teddy Wijaya, Jumat 2 Juni 2023 malam. foto: SEG--

Bersihkan Sumur, Jumadi Tewas Hirup Gas Beracun

LUBUKLINGGAU, oganilir.co – Maksud hati ingin menguras sumur dengan mengupah orang lain melakukannya, malahan memakan korban jiwa. Teddy Wijaya, warga Perumahan Puri Marga Mulya, Blok G, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau pada Jumat 2 Juni 2023 sekitar pukul 15.00 meminta Jumadi (50), warga Kelurahan O Mangunharjo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Namun belum lama Jumadi melaksanakan tugasnya menguras sumur, keburu pingsan karena menghirup gas beracun dalam sumur yang akan dibersihkannya. 

Bagaimana kronologisnya? Pada Jumat siang menjelang sore itu, Teddy Wijaya meminta Jumadi untuk membersihkan sumur di samping rumahnya. Inisiatif membersihkan sumur tersebut datang dari Nining, istri Teddy Wijaya. 

Jumadi pun melaksnakan tugasnya dengan memasuki sumur menggunakan tali. Pekerjaan menguras sumur dimulai pada pukul 15.00 WIB. Jumadi turun ke dalam sumur, menggunakan tali tambang yang diikatkan pada sebatang kayu.

BACA JUGA:Pelajar Putri yang Tewas di Sumur Ternyata Dibunuh Pelaku yang Baru Kenal di Facebook, Motif Cinta Ditolak

“Bapak itu (korban) minta kayu dengan saya, untuk ngikat tali. Tidak lama saya dengar orang di rumah itu (pemilik rumah) teriak. Korban terjatuh,” kata Aan, tetangga Tedy Wijaya.

Aan yang mengetahui ada suara teriakan dari dalam sumur Teddy, sempat meminta adiknya untuk memberikan pertolongan kepada Jumadi yang berada di dalam sumur. 

“Belum sampai ke dasar sumur, adik saya tidak tahan karena mencium bau yang menyerupai gas beracun,” ujar Aan.

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung menghubungi Tim SAR dan anggota Polsek Lubuklinggau Selatan I.  Hanya dalam hitungan menit, Tim SAR dan petugas Polsek Lubuklinggau Selatan I tiba di TKP.

Kapolsek Iptu Nyoman Sutrisna mengatakan petugas SAR yang masuk ke dalam sumur juga sempat pingsan. Yakni, Rodi Rizki Julianyah.

“Petugas lain langsung mencari tabung oksigen untuk membantu temannya,” ungkap Nyoman.

BACA JUGA:Dramatis Aksi Petugas Pemadam Kebakaran Evakuasi 2 Ekor Kambing yang Terjerembab Masuk Sumur di Kota Bogor

Dalam penyelamatan itu, Rodi berhasil diselamatkan temannya naik ke atas. Kndisinya tidak sadarkan diri. Pada pukul 16.30 WIB, personel lainnya masuk ke dalam sumur dengan menggunakan masker dan tabung oksigen.

Sumber: