Catat, Haji Wajib Bagi yang Mampu

Catat, Haji Wajib Bagi yang Mampu

Pengajian membahas bulan Zulhijah di Masjid Nurul Islam, Ahad 11 Juni 2023. Foto: dendi romi/oganilir.co--

Catat, Haji Wajib Bagi yang Mampu

PALEMBANG, oganilir.co - Masjid Nurul Islam Perumahan Villa Gardena 4, PALEMBANG menggelar pengajian rutin setiap Ahad ba'da Subuh. 

Kali ini ustaz Joni Saputra memberikan materi fikih keutamaan Bulan Zulhijah, Ahad 11 Juni 2023 pukul 05.10 WIB. 

Ustaz Joni Saputra mengatakan  bahwa bulan Zulhijah identik dengan ibadah haji. Melaksanakan ibadah haji menjadi wajib hukumnya bagi umat muslim yang mampu dan sehat walafiat. Sehat ini dalam artian bisa berjalan atau duduk di kursi roda.

"Seseorang itu mampu, rajin ibadah, sehat. Tetapi tidak mau melaksanakan ibadah haji dengan alasan takut pesawat meledak atau alasan lainnya. Terhadap hal itu, haji wajib hukumnya," kata Joni Saputra. 

BACA JUGA:Petugas Haji Indonesia Patroli Pastikan tak Ada JCH Tersesat

Untuk melaksanakan ibadah haji, lanjut Joni Saputra, harus diniatkan dan menyetor pendaftaran haji untuk mendapatkan nomor porsi. Bagi umat muslim yang sudah mendaftar haji namun tidak kesampaian melaksanakan haji karena kematian. Allah SWT sudah mencatatnya dan mendapatkan pahala. Hanya saja pahalanya tidak sebesar bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah haji.

"Allah sudah mencatat niat ibadah umatnya dan mendapatkan pahala," imbuhnya. 

Bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah haji, terang Joni Saputra, ada beberapa tempat di Mekkah yang multazam jika berdoa. Seperti di Hijjir Ismail, Maqom Nabi Ibrahim, dan tempat-tempat lainnya.

"Jemaah bisa berdoa di tempat-tempat itu, selain dosa diampuni juga doa dikabulkan," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Nurul Islam Robert Gunawan menyatakan bahwa pengajian rutin yang digelar setiap Ahad Subuh sudah digelar tahun kedua. "Kita bekerja sama dengan ustaz binaan Pemkot Palembang," pungkasnya. 

Sumber: